}
Navicula Tawarkan Irama Timur Tengah
Musik

Navicula Tawarkan Irama Timur Tengah

by Pandu
Wed, 20-May-2015

Menyimak musikalitas Robi, Gembul, Dankie, dan Made memainkan distorsi keras dalam koridor grunge, itu biasa saja. Sembilan belas tahun sudah Navicula bermain seperti itu. Tapi bagaimana jika Dankie meramu musik yang beda? Sound yang terdengar seperti irama Timur Tengah?

Itu sesuatu yang mungkin. Pernah pada lagu "Supremasi Rasa", Navicula memberi sentuhan irama Hindi. Sekarang, di track terakhir album Tatap Muka, lagu "Sing in Dagdad" menjadi pembeda.

Lirik lagu ini diciptakan oleh istri Robi. Sementara musiknya diaransemen Dankie. Sekilas Dagdad ialah plesetan dari kata Bagdad. Rupanya tidak begitu.

“Dagdad itu pola kunci gitarnya, hahaha,” ujar Dankie. Ia melanjutkan bahwa garis besar lagu itu bertemakan cinta. Kompatriotnya, Robi dipaksa menyanyikannya dengan tempo yang lumayan cepat. Alhasil, di DVD Live itu ia harus membaca teks agar tidak lupa.

Pada proses perekaman, Navicula berhati-hati agar meminimalisir kesalahan. Karena itu, mereka harus take ulang dari awal. “Kalau ada yang salah, harus berani ngaku ‘Sori saya salah’,” tiru Robi.

Green Grunge Gentlemen ini menyewa Musium Topeng selama tiga hari. Hari pertama untuk mengatur bermacam alat. Hari kedua dipakai gladi bersih. Dan, hari ketiga adalah private show-nya.

Kamu penasaran dengan Tatap Muka, album kedelapan band yang duduk di posisi MUSIKINI? Datang saja ke Paviliun 28 tanggal 22 Mei. Mereka akan buka lapak sekaligus buat pesta peluncuran. Info lebih lanjut, silakan sambangi laman resmi mereka, dan juga pantau linimasa mereka di sini. Sikaaaat! [][teks & foto @HaabibOnta]