}
Reno Pratama Buktikan Serius Sebagai Musisi
Musik

Reno Pratama Buktikan Serius Sebagai Musisi

by Pohan
Wed, 20-May-2015

"Bukan tiba-tiba bikin proyek musik, ngeluarin ini itu. Perjalanan ini panjang dan berliku," kata Reno.
Di Indonesia, nggak sedikit musisi yang hobi bermain skateboard. Sebut saja, Rekti The S.I.G.I.T. yang menjalani hobi skateboard sejak duduk di bangku sekolah menengah. Begitu pula sebaliknya, beberapa skateboarder juga ada yang main musik, di antaranya, skateboarder profesional asal Amerika Serikat, Mike V yang kini menjadi vokalis Black Flag.

Skateboarding dan musik berbaur dalam satu ruang lingkup meski latar belakangnya bisa berbeda-beda. Adalah Reno Pratama, skateboarder yang sudah mengantongi segudang prestasi sejak umur 10 tahun. Akhirnya dia resmi merilis "Semua Indah Pada Waktunya" pada  27 April 2015.

Single yang disingkat SIPW tersebut hanya bisa didengarkan melalui radio nasional. Bahkan siapapun bisa memutarnya melalui tape player karena diedarkan dalam bentuk kaset side A dan B,  berisikan satu lagu itu saja. Format kaset pun dipilih atas saran dari teman-teman Reno.

"Ada teman kami yang nyambungin ke Lokananta di Solo. Kami kasih master ke sana dan jadilah kaset tersebut. Covernya gue desain sendiri dari hasil lukisan," kata Reno saat berbincang dengan Reporter @pohanpow lewat sambungan telepon genggam hari Senin [18/05].

Reno cerita banyak tentang perjalanan musiknya. Untuk aransemen lagu SIPW, ia melibatkan gitaris Didit Saad yang dianggap sebagai mentornya, "Dia cukup membantu saya dalam pola berpikir untuk mengaransemen lagu, dia banyak kasih masukan, dia ngisi slide gitar."

Tak hanya Didit Saad, musisi lain yang ikut terlibat, antara lain: Onnie Lewarisa [drum, perkusi], Zaki A. Oramahi [bass], Dika [trompet hornet, trombon], dan Karin bersama bocah-bocah Nusantara [backing vokal]. Zaki dan Onnie merupakan teman seperjuangan proyek musik Reno saat masih bernama RenPrats & The Soul Brothers. Lagu SIPW ditulis saat temannya mendekam di bui.

"Kami terbentuk awal tahun 2007, dan semakin solid. Dari pertama kita manggung nggak pernah cover lagu orang. Kami selalu ingin kasih tau bahwa kami musisi yang emang punya lagu sendiri dan belajar untuk memperkenalkan lagu walau tidak sebagus band-band yang ada saat itu. Sesama player, kami udah selesai banget dan pada suatu hari Zaki memutuskan cabut dari The Soul Brothers dengan alasan capek main-main. Itu salah satu tamparan, ibarat drum adalah jantung, bass itu hati. Tiba-tiba Zaki keluar, benar-benar nampar gue secara batin," kenang Reno.

Singkat cerita, The Soul Brothers ditidurkan. Namun, Reno bertekad untuk segera mengeluarkan album penuh yang sempat lama tertunda dengan memakai nama RenPrats.
"Kami jalanin yang seharusnya kami jalanin. Sejak Zaki keluar, keinginan gue punya album kayak udah lebih dari 100% di luar kesibukan gue dengan skateboard yang makin padat," ungkapnya.

Musik iya, skateboard jalan terus. Reno tetap konsisten, "Saya main skateboard sejak pagi sampai sore, malamnya gue sempatin on air di beberapa radio. Gue main musik sebelum saya main skateboard. Keinginan gue main musik, mimpi anak kecil yang pengin punya album dan senang aja sampai akhirnya bisa ngeluarin single tersebut sesuai dengan hakekatnya. Single itu adalah single," papar Reno, yang tengah sibuk bareng Projam X Games Tour menyambangi kota-kota di Indonesia.

"Waktu 24 jam sangat terbatas. Gue harus bagi waktu dengan skateboard, musik, keluarga, teman-teman, dan lainnya. Gue harus bagi waktu saya dengan menulis dan membaca. Bukan berarti gue nge-push diri untuk menulis dan membaca. Karena segitu lamanya, gue nggak membatasi diri gue dengan waktu. Semua gue jalani dengan mengalir aja," tambah Reno.

Kemungkinan Reno akan membagikan single SIPW secara gratis setelah kaset habis terjual. Bulan puasa tahun ini, Reno berencana kembali ke studio. Sebanyak belasan lagu tinggal mixing dan mastering. "Kalau budget ada, secepatnya bisa keluar," tegasnya.

RenPrats sebagai bukti keseriusannya dalam bermusik. Mereka yang hanya mengganggap Reno sebagai skateboarder bukan musisi tidak diambil pusing. "Gue ninggalin sekolah untuk skateboard, dan sekarang gue minta sedikit pengertian dari skateboard untuk musik. Buat gue SIPW pesan buat mereka bahwa mereka juga bisa mengerti posisi gue seperti apa. Bukan tiba-tiba bikin proyek musik, ngeluarin ini-itu. Perjalanan ini panjang dan berliku," tutup Reno. [][foto dok. facebook.com/pages/RenPrats]