}
Legenda Koes Plus, Yon Koeswoyo Wafat
Musik

Legenda Koes Plus, Yon Koeswoyo Wafat

by Yogira
Fri, 05-Jan-2018

Pencinta musik tanah air kembali kehilangan musisi dan penyanyi legendaris. Koesyono Koeswoyo atau lebih dikenal dengan Yon Koeswoyo mengembuskan napas terakhir pada Jumat [5/1/2018], sekitar pukul 05.50, di rumahnya, di kawasan Pamulang, Tangerang, Selatan. Rencananya, jenazah Yon dikebumikan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Pihak keluarga menunggu kedatangan David—putera Yon yang masih berada di Raja Ampat, Papua.

Kabarnya, vokalis dan gitaris Koes Plus ini meninggal karena komplikasi penyakit serta diabetes. Menurut keterangan puteranya, Gerry Koeswoyo, ayahnya ini sempat menolak dibawa ke rumah sakit. Gerry menirukan perkataan Yon, “Kamu ngapain sih bawa-bawa ke rumah sakit? Udah biarin lah, orang gue udah mau meninggal.” Ketika tahu, ayahnya sudah kritis, Gerry bergegas membawa Yon ke rumah sakit, namun nyawanya tak tertolong.

Yon adalah musikus kelahiran Tuban, Jawa Timur 27 September 1940 [umur 77]. Sebagai anak keenam dari Sembilan bersaudara pasangan Raden Koeswoyo dan Rr. Atmini, Yon dan saudara-saudaranya memang pencinta musik. Sejak pindah bersama keluarganya ke Jakarta pada tahun 1952, Yon bersama saudara kandungnya, Jon Koeswoyo, Tonny Koeswoyo, Nomo Koeswoyo, dan Yok Koeswoyo membentuk grup band Kus Brothers pada tahun 1958. Lantas, pada tahun 1963, grup ini berganti nama jadi Kus Bersaudara. Pasca Jon Koeswoyo mengundurkan diri, Kus bersaudara berganti lagi jadi Koes Bersaudara. Yon tetap sebagai vokalis utama dan sebagai pemegang rhytm gitar.  Pada masa pemerintahan Soekarno, personel Koes Bersaudara dipenjara karena diduga musik mereka kebarat-baratan dan tak mencerminkan nasionalisme.

Pada tahun 1969, Koes Bersaudara berubah jadi Koes Plus pasca Nomo Koeswoyo memilih hengkang jadi anak band dan lebih fokus jadi pedagang. Lalu masuklah Murry untuk mengisi posisi drummer. Sejak terbentuk Koes Plus dan lagu-lagunya semakin bersinar dan populer, Yon lah yang paling keukeuh dengan eksistensi band Koes Plus hingga akhir hayatnya. Selamat berpulang Yon. Semoga sampai di sorga, tetap bermusik menebarkan bahagia. [][teks yogirudiat | berbagai sumber | foto dok. informasikawasan.com, SuratKabar.id]