}
#Afgan1Dekade: Dedikasi dan Konsistensi
Musik

#Afgan1Dekade: Dedikasi dan Konsistensi

by Intern
Thu, 01-Mar-2018

Memulai sejak 2008 dengan sejumlah prestasi yang telah didapatkan saat ini, Afgan Syahreza kembali merilis album yang diberi titel Dekade, dengan arti singkat bertujuan untuk menceritakan perjalanan selama 1 dekade berkarier di industri musik Indonesia. 

Bertahan selama 10 tahun bukan perkara mudah. Karena di balik hasil karya-karyanya ya ikonik, Afgan memiliki perjuangan tersendiri dalam menjaga eksistensi karya yang dibuatnya.

"Ini adalah album yang bisa meringkas perjalanan saya selama 10 tahun terakhir, di album ini terdapat 7 lagu lama, 3 lagu remake, dan 4 lagu baru," jelas Afgan. 3 lagu remake yang dipilih adalah "Sadis", "Bukan Cinta Biasa", dan "Bawalah Cintaku". Lewat lagu-lagu inilah Afgan memulai karier dan sukses sebagai penyanyi solo Indonesia.

Afgan mengatakan selama bermusik tak pernah merasa ada yang berubah, masih sama seperti dirinya yang dulu. "Saya masih memiliki insekuritas yang tinggi, masih nggak percaya diri, masih punya rasa takut. Tapi saya merasa sudah cukup berkembang dari segi musikalitas, performance, dan taste music."


Dalam proses pembuatan album kelimanya ini, Afgan tidak sendiri. Bantuan dari A&R Trinity Optima Production Simhala Avanda, dan beberapa arrager pilihan, turut membantu Afgan untuk merampungkan album. "Yang saya suka dari album ini, Afgan mau mengeksplorasi ranah musik yang tidak biasa dari album-album sebelumnya," ungkap Mhala.

Afgan sangat detail dan kritis dengan karya-karya yang dibuat dalam Dekade ini, walaupun terkadang Afgan merasa kurang mood saat melakukan proses pembuatan album, namun berkat dukungan dari orang-orang di sekelilingnya, album ini dapat terselesaikan genap 10 hari.

Khusus untuk Dekade, Afgan membuat serangkaian vlog behind the scene untuk para Afganisme di akun YouTube Trinity Optima Production. Mulai dari proses penulisan lagu sampai rekaman ia tampilan di vlog ini. 

Perjalanan #Afgan1Dekade ini membuat semangat baru untuk dirinya, dedikasi dalam bermusik dan tetap konsisten selama 10 tahun ini menjadi dorongan tersendiri untuk dapat terus berkarya di industri musik yang menurutnya semakin berkembang. [][teks & foto @syahrima]