}
Efek Rumah Kaca Bermusik, Mata Najwa Berlirik
Musik

Efek Rumah Kaca Bermusik, Mata Najwa Berlirik

by Intern 2
Thu, 15-Mar-2018

Berawal dari cita-cita Najwa Shihab. Ia ingin Mata Najwa punya lagu khusus yang cocok dan pas untuk menguatkan pesan-pesan yang disampaikan program itu. Akhirnya Cholil Efek Rumah Kaca, menawarkan diri untuk menggarap original soundtrack Mata Najwa. Dengan lirik yang ditulis langsung Najwa Sihab, mulailah aransemen serta vokal digarap Efek Rumah Kaca. Dan lahirlah sebuah lagu bertitel “Seperti Rahim Ibu”.

Mengapa akhirnya Najwa Shihab memilih Efek Rumah Kaca sebagai pengisi theme song-nya? “Karena lagu-lagu dan lirik-lirik yang ditulis Efek Rumah Kaca, lalu kepeduliannya terhadap isu-isu penting negeri ini, saya rasa resonansinya sama dengan yang disuarakan Mata Najwa. Seperti kepedulian terhadap isu-isu antikorupsi, soal toleransi, soal cinta negeri, serta isu-isu lain yang menyangkut Indonesia, memang sama persis seperti apa yang selalu Mata Najwa angkat pada setiap episodenya. Dan ya, memang sudah klop dengan Mata Najwa, dan menjadi suatu kebanggan Mata Najwa ketika original soundtrack-nya digarap Efek Rumah Kaca,” ujar Najwa Sihab dalam Chanel YouTube miliknya.

Lagu ini menceritakan tentang kemanusiaan, dan ungkapan “Seperti Rahim Ibu” yang menggambarkan rahim yang bisa menghadirkan gagasan-gagasan baru, yang bisa melahirkan kontribusi untuk bangsa ini. Serta bagaimana suatu optimisme itu dapat disemai dan mengubah sesuatu yang rapuh menjadi kuat. Lagu ini pertama kali dirilis saat Mata Najwa episode Novel Baswedan dan dinyanyikan live oleh Efek Rumah Kaca. [][teks @ga_angga | foto narasi.tv]