}
Mugal Bikin Dilema
Musik

Mugal Bikin Dilema

by Andiska
Mon, 19-Mar-2018

Aneka perasaan akan menguak setelah kita menikmati sebuah festival musik. Bisa saja jadi berkesan atau mengecewakan. Tiap panggung juga pasti punya cerita masing-masing dan kamu nggak mungkin rela ngelewatin tiap lineup yang akan mengisi panggung. 

Tapi Commuters, ada satu waktu kamu akan diajarkan untuk tidak egois untuk menonton semua line up. Seperti di The 18th Music Gallery [Mugal] yang sukses diselenggarakan pekan lalu. Penonton yang hadir harus menjatuhkan pada satu pilihan di antara 2 panggung bernama Main Stage dan Intimate Stage. 

Dari pembuka hingga penutup, kedua panggung menampilkan jajaran lineupnya secara bersamaan. Mulanya, pengunjung yang datang belum terlalu padat. Kami bisa 'melahap' penampil bergantian. Begitu matahari menghilang, penonton membludak dan berikut adalah pilihan kami saat di Mugal.

#Mondo Gascaro x White Shoes & The Couple Company

Usai tuntas membawakan beberapa lagu dari Rajakelana, Mondo Gascaro memanggil vokalis dan drummer WSATCC untuk memulai kolaborasi. Mondo mengawali dengan lagu "Lamun Ombak", dan "Our Day Will Come". Kemudian WSATCC dengan lagu "Aksi Kucing". Mereka juga meng-cover "Indahnya Sepi" Candra Darusman dan "Sabda Alam" milik Chrisye.

#Bam Mastro 

Berhasil membius penonton di Intimate Stage, "Calling All Gods", "Mastro", "Fire Fore", "Idols" jadi song list penuh penampilan solo pertamanya di festival musik.

#Novo Amor


Ini kali pertama Ali John Meredith-Lacey, atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Novo Amor tampil di Indonesia. Bersama band pengiringnya, ia membawakan 10 lagu dari album Woodgate [2014], Bathing Beach [2017], dan Heiress - Novo Amor & Ed Tullet [2017].

#Beach Fossils

Meski sempat molor sejam, pengemar grup musik rock indie asal Brooklyn, New York, Amerika Serikat ini tak gentar menunggu idolanya. Mereka berhasil menghentakan panggung Generational Synthetic yang jadi nomor awal. Berlanjut dengan dengan "Shallow", "Youth", "This Year", "Down The Line", "Saint Ivy", "Adversity", "What a Pleasure", "Vacation", "Be Nothing", "Calyer", "Sleep Apnea", dan "Careless". 

Suara penonton pecah saat Beach Fossils beraksi di Main Stage hingga akhir acara. Namun sayang, kami melewatkan penampilan The SIGIT yang pastinya juga menutup panggung dengan sangar di Intimate Stage.

Malam itu, ada rasa lemas karena berusaha ikhlas merelakan hanya menonton Jason Ranti pada menit-menit terakhir. Tak sempat menyambangi WSATCC tanpa Mondo, dan kehilangan momen dengan Danilla, OM PMR dan The SIGIT. Namun, dengan menikmati suguhan dari penampil yang kami pilih berdasarkan hati, bisa jadi obat yang cukup untuk menutup kekecewaan. [][teks & foto @andiskaraf]