}
Sejarah Ringkas Karaoke
Musik

Sejarah Ringkas Karaoke

by Pohan
Fri, 29-May-2015

Membaca sebutannya, kita bisa menebak dari mana karaoke berasal. Yup, karaoke lahir di Negeri Sakura yang kemudian menyebar luas ke negara-negara lainnya.

Mengacu pada bahasa aslinya, sebutan karaoke berasal dari gabungan kata Kara [diambil dari kata "karappo"], yang artinya "kosong', dan Oke [dari kata "okesutura"], yang bermakna orkestra. Jadi, karaoke adalah musik orkestra yang kosong tidak dilengkapi suara vokal.

Sempat ada perselisihan mengenai penemuan nama karaoke. Ada yang bilang, mesin karaoke diciptakan Daisuke Inoune, musisi asal Kobe, Jepang pada tahun 1971. Padahal produsen komersial pertama karaoke adalah Clarion, yang dikenal sebagai perusahaan audio. Jadi, sejak itu tak ada hak paten yang pasti.

Saat masa perkenalan di Indonesia, karaoke hanya dapat dimiliki klub-klub malam yang mewah karena peralatannya mahal. Dulu masyarakat menganggap bahwa karaoke identik dengan klub malam atau hiburan malam.

Namun, sekarang karaoke menjadi hiburan untuk semua golongan baik tua maupun muda yang ingin mendapatkan hiburan bernyanyi. Mereka tidak perlu ke klub malam karena ada tempat karaoke keluarga.

Konsep karaoke keluarga diperkenalkan Santoso Setyadji tahun '92 di Surabaya. Ia membuat usaha Happy Puppy Self-Service Family Karaoke Box sebagai upaya menepis konotasi buruk masyarakat tentang hiburan karaoke.

Seiring perkembangan zaman, Happy Puppy memperbaiki konsepnya, baik dari sisi pelayanan maupun pengoperasian karaoke dengan sistem komputerisasi dalam hal memilih dan memutar lagu. 

Tempat karaoke keluarga yang juga masih bertahan sampai saat ini, Happy Puppy, Inul Vista, NAV, KTX, dan beberapa nama lainnya. [][teks @pohanpow/berbagai sumber | foto karaokevalencia.es, yamasho-sf.com]