}
Kolaborasi Bangkitkan Lagu Anak Indonesia
Musik

Kolaborasi Bangkitkan Lagu Anak Indonesia

by Intern 2
Wed, 28-Mar-2018

Kampanye #BangkitkanLaguAnakIndonesia ditandai dengan pertunjukan amal “Untukmu Kawan” di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta [24/3]. Acara ini menampilkan kegembiraan anak-anak usia sekolah dasar yang tergabung dalam “’Gemala Bernyanyi”. Mereka bernyanyi dan memainkan alat musik bersama melalui Kolaboritmik yang menghadirkan 130 anak dari beragam komunitas, kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat kembali lagu anak Indonesia. 

Pertunjukan amal “Untukmu Kawan”  berawal dari kekuatiran melihat berbagai fenomena dalam tumbuh kembang anak saat ini, pada hal-hal yang belum sesuai dengan tahapan perkembangannya. Ditambah dengan lagu-lagu anak yang sudah jarang terdengar.

“Lagu punya peranan penting dalam proses tumbuh kembang anak. Bukan hanya menghaluskan rasa, lagu juga bisa menjadi alat untuk menanamkan nilai-nilai luhur dengan cara yang ringan dan menyenangkan. Itu akan lebih efektif dari pada sekedar nasihat atau ceramah,” jelas Jasmin Jasin yang menjadi salah satu inisiator kampanye #BangkitkanLaguAnakIndonesia.


Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari beragam elemen dalam masyarakat: para pendidik, pemerhati anak, relawan orangtua murid, bintang tamu, dan komunitas yang hadir menunjukkan kepedulian terhadap kondisi lagu anak Indonesia sekarang ini. Terdapat 12 lagu, 11 lagu yang diciptakan  Benny Pospos, dan satu lagu diciptakan Violetta “Alda” Siahaan.

Acara yang membangkitkan semangat anak-anak ini didukung oleh musikus senior Titiek Puspa, Candra Darusman, Astrid Lea, Bonita Adi, Nikita Dompas, Indra Aziz, dan Aprilia Apsari. Pendukung lainnya adalah: psikolog Vera Itabiliana, pendongeng Kak Aio dan Paman Ganjar, pegiat pendidikan Cara Djalil dan Weilin Han. Kampanye ini juga mendapatkan dukungan dari Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Harris Iskandar. [][teks & foto @ga_angga]