}
MUSIKERAS Rilis Pada Perayaan Record Store Day 2018
Musik

MUSIKERAS Rilis Pada Perayaan Record Store Day 2018

by Intern 2
Thu, 26-Apr-2018

MUSIKERAS semakin memantapkan posisi sebagai media penyaluran idealisme musik penggetar kuping. Kini, tak hanya hadir sebagai penebar berita-berita bertensi tinggi, tapi juga berhasil mengeluarkan sebuah album kompilasi beringas yang merangkum 18 band independen di Tanah Air. Musikeras Cracked It! yang merupakan kerjasama antara Musikeras Magz dan Demajors Independent Music Industry ini dirilis tepat di perayaan Record Store Day pada 21 April 2018.

Sebelumnya, lagu-lagu di Cracked It! [kecuali Seringai] telah beredar melalui album kompilasi berformat digital [terbagi dalam tiga volume] yang dirilis kerjasama Musikeras dan Locker Media pada Maret, Juni, dan September 2017. Sebagian besar lagu tersebut belum pernah dirilis dalam format CD. Lagu milik Seringai dan Kelompok Penerbang Roket bahkan hanya bisa dijumpai dalam format piringan hitam [vinyl] 7” dan kaset dalam jumlah terbatas. Sementara lagu milik Grassrock, Dunia dan JumperFi khusus diciptakan dan direkam untuk kebutuhan kompilasi ini.

Keseluruhan lagu telah di kurasi berdasarkan kualitas, keragaman sub-genre dan generasinya. Dan terbukti, di ajang pemberian penghargaan bagi insan musik bergengsi, AMI Awards 2017, dua band dari kompilasi ini berhasil masuk deretan nominasi untuk kategori “Karya Produksi Metal/Hardcore”, yaitu Edane [“Hail Edan”] dan Godless Symptoms [“Kebenaran Harus Lantang Bicara”].

Tentunya, tidak gampang mewujudkan album kumpulan lagu cadas ini. Banyak hal teknis yang harus disepakati dengan 18 band sekaligus, yang note bene sebagian besar bukan nama baru di industri ini. Namun dengan semangat independen yang solid, serta tekad terus memajukan skena musik keras, maka akhirnya Musikeras Cracked It! ini bisa terwujud. [][teks @ga_angga | foto PR]