}
The 3rd Maratua Jazz and Dive Fiesta
Musik

The 3rd Maratua Jazz and Dive Fiesta

by Hagi
Wed, 25-Jul-2018

Commuters pernah dengar gelaran unik dan satu-satunya di dunia berupa festival jazz di tengah laut? The 3rd Maratua Jazz and Dive Fiesta [MJDF] merupakan Jazz Festival di pulau terdepan Indonesia yang berbatas laut dengan Malaysia dan Filipina. Jazz Festival ini memasuki gelaran tahun ketiga, digelar pada 27-29 Juli 2018 di Green Nirvana Resort, Desa Payung-Payung, Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur.

Menurut rilisan yang diterima LINIKINI, sejumlah musikus jazz telah memastikan kehadirannya antara lain penyanyi papan atas Indonesia Trie Utami, pemain Sape dari Kalimantan Uyau Moris, dan Rio Moreno Latin Combo yang terdiri dari Rio Moreno [piano], Harry Toledo [bass], Iwan Wiradz [perkusi], Caecillia Chakraditya [vocal/percussions], dan Dion Subiakto [drums].

Selain itu hadir pula duet Amelia Ong [vocal] dan Tiyo Alibasjah [gitar] plus satu grup dari Samarinda menghadirkan Saxophone of Borneo, dua grup dari Tanjung Redep yaitu Banua Generation dan Echon Project dan satu grup dari Pulau Maratua yaitu Gasstik.

MJDF merupakan upaya untuk mempromosikan destinasi wisata Kabupaten Berau khususnya Pulau Maratua. Gelaran ini bertujuan untuk menggabungkan dua komunitas yaitu komunitas diving dan penikmat jazz dalam satu acara dan merupakan event pertama di Indonesia di Pulau Terluar Indonesia dan menegaskan eksistensi Pulau Maratua sebagai beranda depan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Perhelatan tahunan yang baru saja dipromosikan di acara JazzBus di Slovakia dan Polandia minggu lalu --selain masuk agenda promosi nasional dan internasional lainnya-- merupakan kerjasama antara WartaJazz – An Ecosystem of Jazz in Indonesia dengan Yayasan Berau Lestari.

Selain kegiatan musik, MJDF kali ini juga menghadirkan ragam kegiatan tambahan seperti Festival Kuliner bertajuk MJDF Food Festival dengan sajian khas yang melibatkan komunitas dari empat kampong di Pulau Maratua.

Rekan-rekan Isomoto Berau dan BerauAsik juga turut berpartisipasi dalam Pameran Fotografi yang merekam keindahan panorama alam dan bawah laut Berau.

Dalam acara MJDF ini sebagai bagian dari rangkaian kegiatan, juga diadakan kegiatan Aksi Sapta Pesona bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata RI dan Dinas Pariwisata Provinsi serta Dinas Pariwisata Kabupaten Berau yang akan membersihkan pantai bersama aparat kecamatan dan masyarakat Pulau Maratua bersama-sama untuk mewujudkan Sapta Pesona.

Panitia yang juga mendorong pengurangan penggunaan plastik dengan slogan #StopTrashingtheOcean dan untuk mempromosikan menggunakan #JazzPulauTerdepan #JazzDive.

Kegiatan MJDF didukung penuh oleh Kementrian Pariwisata RI, Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Pemerintah Kabupaten Berau, Green Nirvana Resort dan sejumlah mitra lainnya seperti Forum Komunitas Maritim Berau FKMB, Hotel Derawan Indah, Pratasaba Resort, Hotel Bumi Segah Berau, Komunitas BerauAsik dan Isomoto, Komunitas Puri Berau, Maratua Ecodive Centre, Move Entertainment. [][teks @evaevilia666/PR | foto maratuajazz.com]