}
Paling Loyal, Ya Fans Musik Metal
Musik

Paling Loyal, Ya Fans Musik Metal

by Pandu
Fri, 05-Jun-2015

Menjadi fans genre musik, sama rasanya seperti mabuk kepayang. Bisa buta dan tak terkendali. Berapa pun harga tiket konser atau merchandise, disikat. Tidak peduli jarak, pasti dihajar. Ada album dan kabar terbaru, nggak boleh dilewatkan. Fans melakoni semua itu demi menunjukkan loyalitas pada sang idola musik. 

Di antara beragam jenis musik di dunia ini, fans dari genre manakah yang paling loyal?

Spotify, baru mengeluarkan data bahwa genre metal memiliki fans yang paling loyal di antara yang lain. Ini bukan berarti genre metal adalah yang terbaik. Tapi indikator ini menepis anggapan bahwa musik metal tidak menjual, kurang populer, atau nggak enak di dengar.


Simak grafik popularitas musik blues dan jazz, yang menjadi akar dari musik modern, ternyata cuma menempati urutan 8 dan 11. Sementara musik pop yang easy listening, bisa menjual, dan punya fan base yang besar ada di urutan dua. Ini menunjukkan jika fans musik metal total dalam mencintai musisinya.

Spotify mengidentifikasi tingkat keloyalan lewat band besar yang telah meng-global. Misalkan dari genre Metal, Spotify mencomot Big 4 [Metallica, Anthrax, Slayer, dan Megadeth]. Untuk mendapat ukuran loyalitas, mereka membagi tiap genre dengan musisi utama lalu dibandingkan dengan jumlah pendengarnya. Hasilnya, genre metal ada di peringkat atas.

Dengan fakta tersebut, siapa pun yang menjadi Headbangers seharusnya berbangga. Metal telah memberikan sebuah identitas baru, yang membedakannya dari jenis genre manapun. Berkat keloyalan tersebut, Big 4 juga bisa terus berdiri di puncak. Belum tergantikan.

Industri musik Pop akan selalu mengganti ikon lama dengan yang baru. Misalkan saja, Madonna, Britney Spears, dan Taylor Swift. Tiga penyanyi itu punya fans yang loyal pada eranya. Tapi mereka tidak merekrut fans-fans baru. Madonna menjadi ratu pada tahun '80-'90-an akhir. Tongkat estafet berpindah pada Britney Spears. Setelah skandal keperawanan dan pembotakan kepala, Britney mulai ditinggal. Kini adalah eranya Taylor Swift. 

Musik pop cuma merekrut fans pada saat itu saja. Beda dengan genre metal, fansnya selalu  melacak musik metal sampai ke akar. Tidak cuma terpaut pada yang sedang hits.

Ada satu petikan lagu "Master of Puppets" dari Metallica yang pasti diketahui oleh para headbangers. Begini bunyinya: “Just call my name, ‘cause I’ll hear you scream. Master! Master!” [][teks & foto @HaabibOnta]