}
10 Lagu Jazz Terbaik
Musik

10 Lagu Jazz Terbaik

by Yogira
Fri, 19-Jun-2015

Di Amrik sono, musik jazz sangat diapresiasi. Seolah nggak terpengaruh dengan maraknya industri rekaman musik pop, yang dijual seperti popcorn.

Jejak jazz dalam sejarah musik begitu panjang. Perkembangannya nggak lepas dari corak lama, seperti: ragtime, bebop, dixie, swing, hingga yang corak modern, semisal: acid jazz, smooth jazz, pop jazz, jazz funk, atau jazz rock.

Nah, kali ini, seorang produser musik asal New York bernama Drew Lutsman ngasih penilaian 10 lagu jazz terbaik sepanjang masa. Ya, tentunya menurut versi dia. Setidaknya, dengan penilaian dia, kita lebih gaul lagi dengan musik jazz.

1. Little Church [Live] - Miles Davis

Pada masanya, lagu ini dianggap mengejutkan. Pendengar bisa merasa bosan. Tapi saya bisa bayangkan, saya merekam lagu ini, pemainnya adalah musisi tunggal, yang meniup terompet yang dilatari tiupan peluit.

2. Captain Marvel - Chick Corea & Return To Forever

Saya sempat bermain bass berkali-kali seperti halnya personel pada band funk ini. Lalu saya mendengarkan Stanley Clark nge-bass. Ternyata dia bermain lebih cepat dan akurat dengan betotan double bass-nya ketika mengiringi lagu ini.

3. Sly - Herbie Hancock

Inilah lagu jazz funk yang bisa diterima untuk setiap orang penyukanya. Tapi, hati-hati, ibumu bisa marah kalau kamu menyetelnya berulang-ulang di kamar.  Dia pasti pusing mendengarnya.

4. Jazz Carnival - Azymuth

Apakah ini jazz? Saya nggak tahu juga sih. Ini lagu terlalu keren untuk sebuah lagu jazz.

5. Pithecanthropus Erectus - Charles Mingus

Menikmati lagu ini, saya membayangkan Mingus membawakannya sambil ngoceh dan mabuk berat. Saya pikir, dia memainkan melodi lagu ini tanpa cela.

6. Freedom Death Dance - Eugene McDaniels

Percaya deh. Lagu ini benar-benar jazz. “Everybody wants happiness” Itulah petikan liriknya.

7. Kenny Burrell - Cheeta

Setiap orang penyuka jazz berminat sekali merekam lagu ini.

8. We Live in Brooklyn, Baby - Roy Ayers

Sangat terasa sekali jazz-nya. Pasti banyak orang yang pengen bikin rekaman lagu seperti ini.  

9. A Tisket, A Tasket - Ella Fitzgerald

Saya pikir, sebenarnya lagu ini tentang organ intim lelaki dan perempuan.

10. My Cherie Amour - Rashaan Roland Kirk

Banyak corak dan gaya untuk lagu ini dan banyak orang menyukainya. Tapi untuk corak jazz ini, saya nilai menakjubkan. Kesan klasik dan tua sangat terasa. [][teks @firza/ dummymag.com | foto eventsy.com/northcountrypublicradio.org]