Ekspedisi 28 Gunung di Hari Sumpah Pemuda
News & Entertainment

Ekspedisi 28 Gunung di Hari Sumpah Pemuda

by Hagi
Mon, 30-Oct-2017

Banyak cara memperingati hari besar nasional. Brand adventure terbesar di Indonesia, EIGER, memaknai Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober dengan cara menggelar Ekspedisi 28 Gunung. Kegiatan ini membawa pesan yang kuat: menumbuhkan kecintaan kepada tanah air sekaligus mempererat hubungan antarpemudia di seluruh kawasan Indonesia.



Ekspedisi menjelajah kemegahan alam raya Indonesia ini dilakukan oleh 28 tim dengan menggelar upacara dan pembacaan teks Sumpah Pemuda di 28 puncak gunung yang membentang dari Sumatera hingga Papua. Ke-28 gunung tersebut adalah: Gunung Kemiri [Aceh], Gunung Sibuatan [Sumut], Gunung Talang [Sumbar], Gunung Kerinci [Jambi], Gunung Masurai [Jambi], Gunung Dempo [Sulsel], Gunung Patah [Bengkulu], Gunung Pesagi [Lampung], Gunung Pulosari [Banten], Gunung Ciremai [Jabar], Gunung Slamet [Jateng], Gunung Semeru [Jatim], Gunung Merapi [DIY], Gunung Palung [Kalbar], Gunung Halau Halau [Kalsel], Gunung Beriun [Kaltim], Gunung Klabat [Sulut], Gunung Tambusisi [Sulteng], Gunung Rore Katimbu [Sulteng], Gunung Gandang Dewata [Sulbar], Gunung Mekongga [Sultra], Gunung Latimojong [Sulsel], Gunung Rinjani [NTB], Gunung Tambora [NTB], Gunung Koya Koya [NTT], Gunung Kelimutu [NTT], Gunung Binaiya [Maluku], dan Gunung Carstenz [Papua].

Ketua Tim Ekspedisi 28 Gunung, Galih Donikara menjelaskan, “Pemilihan ke-28 gunung ini didasarkan kepada keanekaragaman hayati medan tropis Indonesia, mulai dari wilayah Barat, Tengah, dan Timur yang berbeda karakteristiknya.” Menurut Galih, catatan perjalanan ke-28 tim ini nantinya akan dibukukan dan dibagikan kepada masyarakat penggiat alam bebas, khususnya pendaki gunung.



“Ada kurang lebih 120 orang yang tergabung dalam 28 tim yang melakukan ekspedisi ini,” jelas Galih. “Dua peserta di antaranya berusia 11 tahun yakni Matthew dan Khansa yang mendaki Gunung Semeru,” lanjutnya lagi.

Kondisi perjalanan dan prosesi upacara di 28 puncak gunung tersebut dipantau dan dikomandoi terus menerus oleh EIGER Adventure Service Team [EAST] di EIGER Adventure Flagship Store di Jalan Sumatera, Bandung. Tepat pada 28 Oktober 2017 pukul 10:00 WIB, diadakan upacara bendera dan pembacaan naskah Sumpah Pemuda yang juga dihadiri Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Muhammad Herindra.



Menurut CEO EIGER Ronny Lukito, di sejumlah gunung yang memungkinkan sinyal 4G, diusahakan untuk menampilkan live streaming video suasana upacara. “Sementara untuk beberapa gunung lain, akan diadakan sambungan telepon dengan jaringan yang disediakan PASS Technology melalui sarana handy talkie,” tambahnya.



Gelaran ini menjadi catatan khusus bagi EIGER karena Ekspedisi 28 Gunung dicatat di Museum Rekor Indonesia [MURI] dengan “Pembacaan Teks Sumpah Pemuda secara Serentak di Kawasan Gunung Indonesia Terbanyak”. Sayang, dalam sambutannya, penggagas MURI Jaya Suprana menyebutkan dirinya tak bisa mencantumkan kegiatan tersebut sebagai bagian dari Museum Rekor Indonesia. “Kegiatan ini harusnya tercatat sebagai rekor dunia,” ujarnya yang langsung disambut riuh peserta upacara di halaman toko EIGER. [][teks & foto @hagihagoromo]