}
Menuju Festival Musik Rumah 2018
News & Entertainment

Menuju Festival Musik Rumah 2018

by Intern
Mon, 12-Feb-2018

Musik merupakan seni tentang keindahan yang disajikan dalam bentuk suara. Commuters pasti dengerin musik juga kan setiap harinya? Atau justru kalian sering menonton festival musik?

Pertunjukan musik sederhana dalam format home concert sekarang mulai banyak kita jumpai di YouTube. Tidak hanya ada di Indonesia, beberapa negara pun aktif membuat pertunjukan musik seperti ini.

Di Indonesia, event ini dijadikan festival yang pertama kali dicetuskan personel Bonita & The Hus Band [BNTHB], dan Petrus yang biasa dipanggil Adoy. Rencananya festival yang bersifat partisipatif dan bukan untuk profit ini akan berlangsung dalam waktu bersamaan di beberapa tempat.

Selain di Indonesia, beberapa negara lain juga direncanakan untuk memeriahkan event ini pada Agustus nanti. “Misi Festival Musik Rumah adalah mempererat persaudaraan dan kebersamaan anak Nusantara antarkeluarga, lintas daerah, pulau, dan negara melalui musik. Festival Musik Rumah [yang pertama] akan dilangsungkan pada 17, 18, 19 Agustus 2018 sebagai bentuk syukur atas 73 tahun kemerdekaan NKRI,” jelas Adoy.

Festival Musik Rumah dilandasi oleh semangat merayakan kebhinnekaan dan merawat kebersamaan, persahabatan, persaudaraan, ramah anak, kesederhanaan, saling menghargai dan melayani, keutuhan, dan kesukacitaan.

“Secara umum home concert bersifat tertutup, utamanya dikarenakan rumah berlingkup personal dan keluarga sehingga yang bisa datang adalah yang diperkenankan oleh tuan rumahnya. Biasanya hadirin home concert adalah keluarga, kerabat, teman dekat, tetangga, dan atau undangan. Namun tidak tertutup kemungkinan untuk bisa dihadiri oleh umum, tergantung kesediaan tuan rumah,” papar Adoy.

Persiapan dan pelaksanaan home concert juga disesuaikan dengan kondisi rumah, keluarga baik fisik maupun non fisik, seperti kapasitas penonton, akomodasi dan logistik, perlengkapan tata suara, juga peraturan-peraturan atau kebiasaan-kebiasaan yang sudah menjadi adat atau nilai dari rumah-keluarga tertentu.

“Sangat disarankan untuk setiap rumah yang menjadi tempat home concert mendapatkan ijin dari lingkungan setempat [RT dan RW],” pesan Adoy.

Beberapa musikus yang akan terlibat dalam Festival Musik Rumah antara lain Bonita & Adoy, Celticroom Bali, Curly & Me, Denny Dumbo, Dima Miranda, Endah Laras, Familia Home Concert, Gabriel Mayo, Imada Hutagalung, Jason Ranti, Jubing Kristianto, Junior Soemantri, Kartika Jahja, Komunitas Teras Musik Jepara, MaryJane, Nissan Fortz, Nonaria, Rull Darwis, dan Zio. Jumlah ini diperkirakan akan bertambah seiring waktu persiapan menuju Festival Musik Rumah 2018.

Menuju Festival Musik Rumah, Bonita & Adoy sudah menjadwalkan rangkaian event ini di beberapa rumah dan daerah di area Jabodetabek, Bandung, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur selama bulan Februari sampai April 2018. [][teks @syahrima | foto dokumentasi Festival Musik Rumah]