}
Agensi Hiburan Korea
News & Entertainment

Agensi Hiburan Korea

by Irani
Tue, 13-Feb-2018

Setiap tahun, ada banyak artis K-Pop yang merilis single dan album. Sebagian dari mereka merupakan pendatang baru, banyak juga yang sudah berkarier bertahun-tahun.  

Para artis K-Pop ini umumnya berada di bawah naungan agensi hiburan yang menjadi ‘rumah’ mereka. Agensi hiburan yang melakukan pencarian talenta berbakat, memilih yang terbaik, lakukan pelatihan selama bertahun-tahun, hingga kemudian mengorbitkan anak-anak didiknya menjadi bintang idola K-Pop. Nggak berhenti sampai situ aja, agensi juga yang lakukan rekaman single dan album sampai menyusun jadwal kegiatan harian.

Dari sekian banyak agensi hiburan di Korea, 6 agensi hiburan berikut bisa dibilang menjadi yang paling terkenal dan menghasilkan artis yang ngehits. Simak listnya!

#1. S.M. Entertainment

Salah satu perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan yang didirikan oleh Lee Soo Man di tahun 1989. Mereka terkenal memiliki banyak sekali talenta berbakat dan tidak tanggung-tanggung saat melakukan promosi. Jadi nggak heran kalau artis-artis dari agensi satu ini, umumnya selalu ngetop. Para bintang idola yang bernaung di bawah S.M. Entertainment, ada BoA, Kangta, S.E.S., TVXQ, Super Junior, Girls’ Generation, Shinee, f(x), EXO, Red Velvet, NCT, dan masih banyak lagi.

#2. YG Entertainment

Berdiri di tahun 1996, YG Entertainment didirikan oleh Yang Hyun Suk. Agensi yang satu ini, terkenal dengan musik para artisnya yang khas dengan nuansa hip hop. Para bintang idola yang bergabung dengan YG Entertainment, ada Psy, BIGBANG, CL, Dara, Epik High, Akdong Musician, Lee Hi, Winner, IKON, BLACKPINK, dan masih banyak lagi.

#3. JYP Entertainment


Didirikan oleh solois terkenal, Park Jin Young, di tahun 1997. Merupakan salah satu agensi hiburan yang berpengaruh di Korea Selatan, karena memiliki pangsa pasar yang kuat dan beroperasi sampai internasional. 2PM, GOT7, Twice, Suzy, Fei, Baek A-yeon, dan Day6 adalah beberapa bintang idola yang berasal dari JYP Entertainment.

#4. FNC Entertainment

Kalau agensi hiburan yang satu ini, terkenal dengan beberapa band, seperti F.T. Island, CNBLUE dan N.Flying. Tapi mereka juga memiliki bintang grup idola yang ngetop seperti AOA dan SF9. Agensi ini berdiri tahun 2006 dengan pendiri Han Seong Ho, penyanyi dan juga produser rekaman.

#5. Starship Entertainment

Agensi hiburan ini berdiri tahun 2008 dengan Kim Shi Dae sebagai pendirinya. Memiliki banyak artis di bawah naungannya dan cukup terkenal di kalangan K-Popers. Beberapa di antaranya adalah K.Will, Monsta X, Cosmic Girls, Soyou, Boyfriend, Junggigo, Jooyoung dan masih banyak lagi. 

#6. Big Hit Entertainment

Bisa dibilang, agensi yang satu ini jadi kondang karena artis mereka, BTS sangat terkenal hingga seluruh dunia. Terlebih Big Hit Entertainment tidak memiliki banyak artis [BTS, Homme, Lee Chang Min adalah beberapanya], tapi bisa total memberikan promosi untuk para artisnya. Berdiri di tahun 2005 dengan Bang Si Hyuk sebagai pendirinya. [][teks @cha2nisya/berbagai sumber | foto berbagai sumber]