}
 Float Ultah ke-11 dengan Cara Santai
News

Float Ultah ke-11 dengan Cara Santai

by Pandu
Fri, 04-Sep-2015

Float merayakan ulang tahun ke-11 di Situgunung, Sukabumi, [29-30/08]. Trio Float, yakni: Bontel, Meng, dan Raymond membuat semacam syukuran dan perform bersama fans-nya. Acara ini gratis tanpa pungutan biaya, cukup menunjukkan merchandise atau album orisinil Float.

Itulah cara yang baik untuk mendidik penggemar agar mau menghargai karya musisi dengan membeli yang asli.

Pukul 07.00 malam, Float mulai perform di stage minimalis. Mereka tampil dalam suasana santai, beralaskan rumput, beratapkan rindang hutan, di bangku yang terbuat dari glondongan kayu, lampu bohlam ditarik membujur di atas kepala. Bontel, Meng, dan Raymond juga cuma menggunakan satu amplifier per orang. Sederhana sekali.

Pada usia ke-11, Float pernah hiatus, bongkar pasang personel, lalu kembali pada formasi awal. Float memang tidak sebesar Slank, tidak juga semasif Superman is Dead [SiD]. Tapi yang pasti, Float punya pendengar yang loyal dan tahu menikmati musik. Tanpa smartphone untuk merekam atau memotret, para tamu yang hadir tampak tenang menikmati petikan dawai gitar dari Meng, banyolan Bontel,, dan cabikan lembut bunyi bass Raymond.

Meski tampil dengan alat sederhana, Float tetap bisa main sempurna. Setidaknya itulah yang kami rasakan ketika duduk menikmatinya. Float dan Floatmates seolah menularkan energi riang dan hangat dalam jalinan intim. Dengan santainya, Float mempersilakan siapapun yang ingin ikut main.

“Yang mau main silakan aja. Nggak perlu malu. Ntar gue bagi nasi kuning,” kata Raymond.

Float berulang kali membawakan lagu-lagu andalanyya, semisal: "Pulang", "Tiga Hari Untuk Selamanya", dan "Song of Season", serta "Sementara". Seperti tersirap, penonton tak bosan mendengarnya.

Selain karya pribadi, Float juga menunjukan kebolehan meng-cover lagu Guruh Soekarno Putra “Sendiri”. Mereka pun menampilkan lagu milik GNR “ Sweet Child O’ Mine”, John Lennon “Love”, dan Sting "Englishman In New York". Sebagai penutup, untuk ketiga kalinya, mereka membawakan lagu “Pulang” sebagai pengantar tidur para Floatmates.

Acara yang dimulai  sekitar pukul 7 malam itu harus selesai ketika bulan tepat di atas kepala, 12.30. Berarti, Float main sekitar  5 jam 30 menit. Rekor kah? [][teks & foto HaabibOnta]