}
Future Leaders Summit untuk Indonesia
News

Future Leaders Summit untuk Indonesia

by Pohan
Fri, 25-Sep-2015

Menjelang akhir tahun, konferensi paralel pemuda skala nasional, Future Leader Summit kembali digelar di Semarang pada 18 & 19 September 2015.

Kali ini FLS mengangkat tema Aksi Nyata untuk Indonesia. Menurut siaran pers yang diterima LINIKINI, tema itu dipilih karena FLS percaya bahwa para pemuda Indonesia mampu memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, bukan sekadar memberi gagasan.

Grand Summit menjadi rangkaian acara yang menandai dibukanya FLS 2015 pada Jumat [18/09]. Hadir dalam kesempatan itu politisi kondang, Budiman Sudjatmiko sebagai pembicara. Budiman mendorong para pemuda untuk berani beraksi nyata bagi Indonesia.

Menurutnya, 20 tahun dari sekarang, para pemuda akan lebih menyesal bukan karena  yang telah dilakukan, tetapi karena yang tidak dilakukan. Selain itu, para pemuda akan lebih merasa bersalah jika tidak melakukan apapun padahal memiliki kesempatan dan dapat melakukannya.

“Para pemuda sebagai calon pemimpin masa depan harus mulai memikirkan yang dikerjakan, tidak hanya berdampak jangka pendek, tetapi juga berdampak jangka panjang,” ujarnya.

Ketua Panitia FLS 2015 Selo Pangestu Imawan mengaku senang dengan antusiasme para delegasi terpilih. Selo meyakini, antusiasme tersebut menjadi bukti bahwa masih banyak pemuda yang peduli terhadap kondisi bangsa Indonesia.

“Dengan latar belakang daerah yang berbeda, diharapkan  para delegasi FLS 2015 mampu memberi beragam solusi untuk memecahkan permasalahan bangsa. Ide tersebut juga dituangkan menjadi aksi nyata. Dan FLS 2015 mewadahi aksi nyata para pemuda untuk Indonesia," ujarnya.

Rangkaian acara diikuti para peserta FLS 2015 yakni room inspiration, room summit, room action, festival, networking night, dan grand summit. Daftar pembicara yang mengisi acara FLS 2015 di antaranya: Mega Pusparini, Agus Sampurno, Prigi Arisandi, Bijaksana Junerosano, Nonie Amee, Thomas, Effendi Ghazali, Faldo Maldini dan Asep Kambali.

Enam isu kepemudaan akan dibahas saat room summit. Enam isu tersebut adalah lingkungan, media massa, kebijakan publik, kearifan lokal, ekonomi kreatif, dan pendidikan.

Future Leader Summit 2015 diprakasai organisasi pemuda di Semarang, Nusantara Muda. Organisasi ini aktif melakukan kegiatan kepemudaan dan social movement. Future Leader Summit adalah konferensi pemuda Indonesia yang dilaksanakan di Kota Semarang sejak tahun 2011.

Pada tahun 2015, konferensi ini terbagi menjadi enam room summit, yakni pendidikan, kebijakan publik, kearifan lokal, lingkungan, media massa, dan ekonomi kreatif. [][teks @pohanpow/Nusantara Muda I foto Nusantara Muda]