}
Obat HIV/AIDS Melonjak Drastis Karena Orang Ini
News

Obat HIV/AIDS Melonjak Drastis Karena Orang Ini

by Dedi
Wed, 23-Sep-2015

Hanya dalam semalam, Daraprim, obat yang diperlukan oleh jutaan penderita HIV/AIDS untuk bertahan hidup melonjak drastic hingga 5.500%!

Semua ini karena keputusan dari CEO Turin Pharmautical, Martin Shkreli yang telah membeli paten Daraprim, untuk menaikkan harga. Obat yang hanya memerlukan 1 USD untuk biaya produksinya dan dulu dijual seharga Rp. 195.000, kini dijual seharga sekitar Rp. 10,8 juta per butir!

Martin Shkreli beralasan bahwa mahalnya harga diperlukan agar perusahaanya bisa terus bertahan dan mengembangkan riset untuk obat-obat jenis baru. Tapi tak layak kenaikan drastis Daraprim membuat banyak khalayak mengecam Martin Shkreli, termasuk dari senator AS Hillary Clinton.

Martin dianggap sebagai manusia terjahat se-Amerika Serikat. Banyak yang menghujatnya baik di dunia nyata, maupun di dunia maya melalui akun media sosial-nya. Dan akibat dari hujatan tersebut, konon Turin Pharmautical akan menurunkan harga dalam beberapa minggu ini. Kita lihat saja nanti. [][teks @dd_sarwono/berbagai sumber | foto bloomberg.com]