}
Duka Tragedi Mina
News

Duka Tragedi Mina

by Sherra
Fri, 25-Sep-2015

Insiden saling desak dan jatuh terinjak melanda jemaah haji di Mina, Arab Saudi, Kamis [24/09]. Musibah terjadi pukul 07.30 waktu setempat atau 11.30 WIB saat dua kelompok besar jamaah datang bersamaan di perempatan Jalan 204, Mina.

Kejadian ini menewaskan lebih dari 700 jemaah haji dan membuat lebih dari 800 orang lainnya luka-luka di jalur yang dilewati jemaah haji Mesir dan negara-negara Afrika lainnya tersebut. Kejadian tersebut diduga terjadi karena adanya peningkatan jumlah jamaah, penumpukan jemaah di satu titik, kenaikan suhu udara, dan kelelahan jemaah yang berujung adanya saling desak dan terinjak. berdesak-desakan dan terinjak-injak.

Waktu kejadian dan jalan tersebut bukanlah jalur yang seharusnya dilalui jemaah Indonesia untuk menuju tempat lempar jumrah. Namun, sebanyak tiga WNI menjadi korban tewas, dan satu yang kondisinya masih kritis. Jamaah asal Indonesia yang menggunakan jalan tersebut diduga tersasar. Meskipun jalur dan waktu untuk melempar jumrah selalu diarahkan oleh panitia haji, namun sayangnya selalu terjadi kesalahan.

Dikutip dari ABNA24, 28 petugas keamanan yang terlibat akan dieksekusi sebagai hukuman pelanggaran masalah keamanan, tidak mematuhi perintah yang akhirnya merenggut nyawa lebih dari 1.000 peziarah dan membawa keburukan bagi pemerintah Saudi Arabia. Namun, sejauh ini pihak berwenang Arab Saudi berkukuh menolak bertanggungjawab dan bersikukuh menyalahkan peziarah dalam musibah itu. Sampai berita ini ditulis, keaslian dan kebenaran berita soal hukuman mati terhadap petugas keamanan masih belum dipastikan.

Tentunya, musibah maut di Jalan 204 menuju Jamarat memberikan trauma bagi sejumlah jamaah haji Indonesia yang selamat. Pada 2 Juli 1990, 1.426 jemaah meninggal dunia akan berdesak-desakan dan saling injak dalam terowongan di Mina. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto ibitimes/ alarabiya]