}
Pertalite Akan 'Gusur' Premium?
News

Pertalite Akan 'Gusur' Premium?

by Pandu
Fri, 02-Oct-2015

Mei 2015, pemerintah meluncurkan Pertalite, yakni sejenis BBM baru yang didaulat akan menggantikan Premium. Maklum, Premium dianggap kurang layak bagi kendaraan karena angka oktannya hanya 88. Sementara untuk mengonsumsi Pertamax atau Pertamax Plus, masyarakat merasa kesulitan karena harganya lebih tinggi.

Karena itu, lahirlah Pertalite yang punya nilai oktan lebih tinggi dari Premium --dengan oktan 90-- dan lebih rendah dari Pertamax --yang oktannya 92-- serta Pertamax Plus --yang oktannya 95. Otomatis, Pertalite mampu mengangkat performa kendaraan lebih baik.

Dari hasil uji kendaraan dengan mobil, 1 liter Premium bisa menempuh jarak 13,93 km. Sementara Pertalite berada di atasnya, mencapai 14,78 km. Ini karena proses pembakaran oktan Pertalite pada mesin jauh lebih optimal ketimbang Premium.

Dengan dirilisnya Pertalite, Pertamina secara bertahap akan menghapus Premium dari pasar lokal dan internasional. Jika berjalan mulus, hal itu akan terealisasi pada 2017. Sebagai percobaan, sejauh ini Pertalite baru tersedia di kota-kota besar antara lain Jakarta, Bandung, dan Surabaya. [][teks & desain @HaabibOnta]