}
CGV blitz Putar Film Karya Pelajar
News

CGV blitz Putar Film Karya Pelajar

by Yogira
Fri, 23-Oct-2015

Pengin nonton film karya pelajar setingkat SMU/SMK? Datang aja ke bioskop CGV blitz Grand Indonesia, Jakarta pada 26-27 Oktober 2015 ini. Bioskop ini memutar 24 film pendek yang digarap tim pelajar dari beberapa sekolah di Jakarta. Sebelumnya, anak-anak remaja ini sempat mengikuti terlebih dulu pelatihan pembuatan film melalui program “Toto’s Film Making Class” [TFMC] yang dimulai sejak tahun 2013.

Melalui workshop di TFMC, tim pembuat film dari kalangan pelajar dari beberapa sekolah mendapatkan bimbingan dan arahan dari sejumlah sineas film yang kompeten di bidangnya, antara lain: Salman Aristo, Prima Rusdi, Cesa David Lukmansyah, Robby Ertanto, Aghi Narotama, dan lainnya.

“Kami berharap dari program ini, anak-anak remaja semakin mencintai film ini. Mereka punya bakat. Ini bagus untuk perkembangan industri perfilman di Indonesia,” kata Jeff Lim, CEO CGV blitz dalam konferensi pers di Studio 3, CGV blitz Grand Indonesia, Jakarta, Kamis [22/10].

Dalam kesempatan yang sama, Marketing Director CGV blitz, Dian Sunardi Munaf mengatakan, pemutaran film karya pelajar hasil dari program pelatihan TFMC bisa menjadi virus kreatif bagi anak muda lainnya untuk membuat film karena pastinya mereka punya bakat yang belum tersalurkan.

“Sejak program ini [TFMC-red] diadakan tahun 2013, ternyata banyak sekali anak muda yang senang membuat film. Untuk sementara, kami memilih SMA yang jadi pesertanya karena masa itulah mereka mulai menentukan pilihan, mau kuliah atau kerja,” jelas Dian.

Setelah acara konferensi pers dan sesi tanya jawab dengan narasumber dari TGMC, pihak CGV blitz memutar 4 film pendek, yang dianggap bagus untuk ditonton, yakni: What If [ karya SMK Kanaan Jakarta], Kentut Persahabatan [SMA Karunia Jakarta], Perempuan Bergairah [SMK Hang Tuah 1 Jakarta], dan Toilet [SMK Hang Tuang 1 Jakarta]. Dari keempat film tersebut, tim penggarap film dari SMA Karunia Jakarta mendapat hadiah satu paket alat dan perlengkapan untuk membuat film atas keberhasilannya membuat film Kentut Persahabatan.

Nah, bagi kalian pelajar yang ingin menonton beberapa film pendek lainnya dari sekolah berbeda, datang aja ya pada 26-27 Oktober ini pada accara Toto’s Film Making Class Film Festival.

Selain ada pemutaran film, di sana kalian bisa menimba ilmu juga tentang cara membuat film dari Joko Anwar [soal produksi], Anggi Umbara [penyutradaraan], Arief Ash Shiddiq [penulisan skenario], dan Sheila Timothy [distribusi dan marketing]. [][teks & foto @firza]