}
Selamat Datang Kabut Asap di Jakarta
News

Selamat Datang Kabut Asap di Jakarta

by Dedi
Tue, 27-Oct-2015


Setelah sekian tahun kabut asap akibat terbakarnya lahan gambut di Sumatera dan Kalimantan tak pernah mampir di Jakarta, tahun ini akhirnya sampai juga.

Sebelumnya, kabut asap sudah mampir ke Filipina, Malaysia, Singapura, dan menimbulkan krisis kabut asap terburuk di Thailand. Dan dari Jum'at kemarin [23/10] tempak langit Jakarta diselimuti asap tipis yang disebut sebagai 'haze' atau cuaca kabut.


"Asap tipis menutup langit Jakarta sudah berlangsung sejak Jumat hingga sekarang," kata Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho. Namun dikatakan masyarakat tidak perlu kuatir karena sifatnya temporer, mudah berubah setiap saat tergantung pada arah dan kecepatan angin.  

Partikel halus asap tipis itu berada di atmosfer di ketinggian sekitar 1.000-3.000 meter. Pada pagi hari kabut asap terlihat lebih tebal karena bercampur dengan kabut atau uap air.

Kualitas udara di Jakarta saat ini masih normal hingga sedang. "Justru asap kendaraan bermotor yang lebih berbahaya bagi kesehatan," pungkas Sutopo. Well, siapkan maskermu lagi, folks! [][teks @dd_sarwono/berbagai sumber | foto tribunnews.com, liputan6.com, viva.co.id]