}
Status Waspada, Anak Gunung Rinjani Meletus!
News

Status Waspada, Anak Gunung Rinjani Meletus!

by Dedi
Wed, 04-Nov-2015

Gunung Barujari di Nusa Tenggara Barat kembali meletus Selasa kemarin [03/11]. Letusan anak Gunung Rinjani ini terjadi beberapa kali sejak pagi hari.

Dikutip dari sejumlah media, pada Rabu [04/11] pukul 02.45 WITA, Gunung Barujari kembali memuntahkan abu vulkaniknya. Sebaran abu menyebar ke arah Barat Daya hingga Barat Laut dari pusat letusan dengan kecepatan 10 knots dan mencapai ketinggian 14.000 kaki. Berdasarkan citra Satelit Terra, terpantau sebaran abu vulkanik menutupi wilayah Selat Lombok, Bali, Selat Bali, hingga Banyuwangi.

Akibat letusan ini sekitar 22.000 penduduk di empat kecamatan di Kabupaten Lombok Utara terdampak debu abu vulkanik. Empat kecamatan tersebut, Kecamatan Bayan, Khayangan, Tanjung, dan Pemenang mengalami hujan abu tipis.

BPBD dan Dinas Kesehatan setempat membagikan sekitar 5.000 masker untuk warga sekitar area gunung namun proses evakuasi warga belum diperlukan. Sementara itu, pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan beraktivitas/berkemah di sekitar Gunung Rinjani sampai dengan radius 3 km dari kawah.

Melihat dampak erupsi tersebut kementerian perhubungan memutuskan untuk menutup Bandara Ngurah Rai, Bandara Internasional Lombok, dan Bandara Banyuwangi.

Adapun status Gunung Rinjani sampai saat ini masih waspada atau level II. Status ini sudah diberlakukan sejak 25 Oktober 2015 pukul 15 WITA. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi [PVMBG] terus melakukan pemantauan secara intensif untuk mengevaluasi tingkat aktivitas Gunung Rinjani. [][teks @dd_sarwono/tempo.co/kompas.com/liputan6.com/cnnindonesia.com | foto viva.co.id/gorinjani.com]