}
News

Setengah Dua di Jamaika Bersama Ras Muhamad

by Pohan
Tue, 31-Mar-2015

Penyanyi reggae asal Jakarta, Ras Muhamad, tampil di negeri leluhur musik reggae, Jamika, tepatnya di acara Earth Hour, Ranny Williams Entertainment Center, Kingston, [28/03].

Earth Hour merupakan kampanye global untuk menjaga planet bumi, melestarikan alam, serta mengangkat isu global soal perubahan iklim dan dampak dari teknologi.

Aksi Ras Muhamad ini terbilang prestasi istimewa. Pasalnya, Ras adalah satu-satunya artis yang diundang dari luar Jamaika dan perform live di Earth Hour Jamaica. Ini pertama kalinya anak bangsa mendapat kehormatan mengisi sebuah event musik di Kingston, Jamaica, yang sebelumnya jarang mengundang dan menampilkan artis dari luar, khususnya musisi reggae.

Earth Hour Jamaica juga menampilkan artis-artis reggae papan atas asal Jamaika, macam Chronixx, Kelissa, Keznamdi, Kabaka Pyramid, Runkus n' The Old Skool Band, Conkarah, Runkus, Yung JR, dan masih banyak lagi.

Saat tampil, Ras Muhamad diiringi Conscious Rebels, band asli Jamaica. Pria berambut gimbal sepanjang mata kaki ini mempersembahkan karya-karya orisinal secara langsung kepada orang-orang Jamaica. Menarik bukan? 

Setelah menerima siaran pers dari manajemen Ras Muhamad, Reporter LINIKINI @pohanpow tergerak untuk mewawancarainya lewat WhatsApp. Berikut ini petikannya:

Lagi sibuk nggak? Saya terima email siaran pers Ras Muhamad tampil di Jamaika..
Ahhhh salam. Di sini setengah 2 sore, hari Senin.

Masih di Jamaika?
Masih :) sampe tanggal 10 April.

Apa tampil di Eart Hour Jamaica itu kunjungan pertama Ras Muhamad ke Jamaika?
Iya, ini secara kedua mata dan secara fisik kunjungan dan penampilan pertama di Kingston, Jamaika, walau secara spiritual dan musik sering traveling langsung ke Jamaika.

Lalu apa yang paling berkesan dari Jamaika untuk Ras Muhamad sendiri?
Wah banyak sekali kagum dengan budayanya yang sangat hidup. Orang Jamaika mencintai musiknya dan juga olahraga.  Sebagian besar sangat sadar soal kesehatan dan juga pantang untuk merokok tembakau. Cara mereka berbicara pun seperti mereka berirama musik. Kata-kata yang diucapkan hampir semua seperti penggalan lirik.

Contohnya penggalan lirik? Maksudnya apa yang paling Ras ingat?
Saat aku telepon Kabaka Pyramid, dia nggak angkat telepon karena nggak mengenal nomor Jamaica aku.  Kukirim voicenote ke dia. Dia bales dengan kata-kata yang berirama dalam bahasa Patwa Jamaica, "Weh ya seh? Ah yu jus call mi, fiya? Mi know seh more times mi cyaan answer if mi nuh know ah who." Yang artinya "Maksudmu kamu baru saja telpon? Maaf aku nggak jawab kalo bukan nomor dikenal." Terdengar seperti nge-rap dan berirama.

Menurut Ras kenapa mereka begitu?
Ya, menurutku itu cara mereka hidup. Komunikasi dalam berbicara secara irama. Suka menggunakan kata-kata dan peribahasa. Secara sederhananya, orang Jamaika sangat soulful dan suka berinteraksi dengan siapa saja.

Ras kenal Kabaka dari mana?
Kenal sejak 2011 dari proyek Reggaeville. Dia yang kontak aku via media online. Dia ngirim langsung albumnya yang rebel music. Aku langsung ngefans dengan musiknya. Ia juga banyak berkolaborasi dengan artis papan atas, Protoje dan Chronixx.

Menurut siaran pers, Jamaika jarang mengundang artis dari luar Jamaika. Apa yang membuat mereka tertarik untuk mengundang Ras Muhamad tampil di sana?
Ya, karena Jamaika mencintai musiknya. Jadi, terkadang mereka menilai seseorang di luar Jamaika dengan sudut pandang Jamaika. Lalu aku diundang karena Jamaicansmusic.com dekat denganku. Situs reggae tersebut ingin menunjukkan Jamaika bahwa Indonesia punya reggae dan ada Ras Muhamad yang menyebarkan dan memperpadukan budaya Indonesia dan Jamaika. Jadi ada juga misi antarbudaya melalui musik reggae membangun dan membuka jembatan antar-negara.

Berapa lagu yang Ras Muhamad bawakan di panggung Earth Hour Jamaika?
Aku bawain 6 lagu. Sebagian besar dari album Salam. Pertama "Taking Over", "Salam", "Far I", "Farmerman feat. Naptali", "Lion Roar", dan lagu ke-6 aku undang Kabaka Pyramid ke panggung untuk kolaborasi lagu "ReEducation".

Selain manggung, Ras baru balik April nanti, ngapain aja di Jamaika?
April di Jamaika, aku mau garap videoklip dengan artis Jamaika Naptali. Untuk single ke-3 dari album Salam, judulnya "Farmerman", lagu soal petani.

Lagu terinspirasi dari siapa Ras?
Terinspirasi oleh Naptali. Dia bilang, jarang lagu reggae yang mengangkat soal petani dan agrikultur. Padahal, saat masih remaja, Bob Marley juga seorang petani.

Btw, CD Salam [album terbaru Ras Muhamad yang rillis secara internasional Juli 2014] dijual di mana ya? Terus, apa rencana Ras Muhamad tahun ini untuk karier musik?
Iya, itu juga rencanaku tahun ini.  Dalam beberapa hari lagi rilis klip "Salam" langsung dari Kingston, Jamaika. Bulan Mei, album Salam akan rilis dalam bentuk fisik, sekaligus kita tur ke AS untuk Sierra Nevada Music Festival dengan Jimmy Cliff, Third World, dan Jesse Royal. Lalu lanjut ke Costa Rica. [][foto dok Ras Muhamad]