}
Janji, Peringatan, dan 4 Lagu Baru Iwan
News

Janji, Peringatan, dan 4 Lagu Baru Iwan

by Pandu
Mon, 23-Nov-2015

Iwan Fals merilis empat lagu baru di Konser Untukmu Indonesia yang berlangsung di Istora Senayan, Sabtu [21/11]. Ini berlainan dari yang direncanakan ketika konferensi press pertama konser dilangsungkan. Ketika itu, Iwan Fals bermaksud menyanyikan tiga lagu.

“Nanti saya akan merilis tiga lagu baru di Konser Untukmu Indonesia,” ujar Iwan Fals saat itu. Tapi kemarin, menjelang konser selesai, kartu truf mulai dikeluarkan. Ibarat permainan kartu, empat lagu itu adalah kombinasi full house. Karena punya tema yang serupa. Tentang kondisi Negara ini dari segi politik dan hukum.Tema yang selalu digaungkan Iwan Fals sejak awal karier.

Dari empat lagu baru, dua lagu liriknya ditulis mantan pria gondrong tersebut. Judulnya "Janji Jokowi" berisi tentang 9 janji politik Presiden Joko Widodo ketika masih kampanye. Ia membuat itu untuk merangkum apa saja yang dijanjikan Jokowi, sebagai pengingat bukan untuk kampanye baru.

“Waktu saya kasih dengar lagu ini ke anak saya [Raya] dia menangis. Takut kalau papanya di-bully di twitter, dikira dukung Jokowi. Nggak, ini bukan seperti itu. Lagu ini sebagai pengingat,” terang Iwan Fals di atas panggung. Lagu itu dimainkan pakai gitar dan harmonika. Hearing session disauti penonton dengan teriakan “Bohong!”. Ekspresi ketidakpuasan atas janji yang urung terpenuhi.

Lagu baru kedua berjudul "Kalau Takut, Jangan" ditulis Abraham Samad, Mantan Ketua KPK. Masih dengan alat musik yang sama, karena prosa itu baru diberikan beberapa hari lalu.

“Saya sudah minta ke beliau dari lama ketika berkunjung ke KPK. Tapi baru di kasih kemarin-kemarin. Saya minta tolong agar dibuatkan lirik,” lanjut Iwan, "Tadinya cuma mau saya bacain di sini. Tapi kok ada dorongan agar dibuatkan [irama] lagu. Jadilah ini ‘Kalau Takut Jangan’.”

“Negeri memanggil bukan untuk jabatan.

Negeri memanggil buka untuk harta.

Negeri memanggil bukan Bukan untuk dikenal.

Negeri memanggilmu untuk dikenang.”

Lagu ketiga, "Lawan Korupsi" ditulis Bambang Widjojanto, Wakil Ketua KPK. Bersama keluarga dia hadir untuk melihat lirik ciptaanya dinyanyikan oleh Iwan Fals. Tapi ini bukan untuk yang kali pertama. “Waktu Jambore Oi di Kuningan kemarin lagu ini sudah saya bawakan. Tapi nggak minta izin, karena pasti diizinkan kan Pak? Hahaha,” canda Iwan Fals.

Sebagai klimaks ia tutup oleh doa yang lalu diberikan irama, sehingga disebut lagu. Judulnya "Untukmu Indonesia". [][teks & foto @HaabibOnta