}
22 Situs Musik Ilegal Ditutup?
News

22 Situs Musik Ilegal Ditutup?

by Pohan
Tue, 24-Nov-2015

Banyak band lokal maupun internasional mengratiskan lagu-lagunya pada era digital ini. Contoh paling terkini, Foo Fighters  baru saja ngasih gratis mini album Saint Cecilia, dengan harapan, pengunduh memberikan donasi untuk korban serangan Paris. Mendapatkan lagu gratis atas persetujuan band, jelas berbeda dengan mengunduh karya musik di situs yang melanggar hak cipta.

Setelah menutup hak akses 22 situs yang melanggar hak cipta atas karya film, Kementerian Komunikasi dan Informatika [Kemkominfo] kembali melakukan aksi sweeping.

"Kemkominfo telah meminta para penyelenggara jasa internet untuk melakukan pemblokiran terhadap 22 situs tersebut, pada Kamis [12/11]. Pemblokiran ini diharapkan dapat segera dilakukan semua pihak penyelenggara jasa internet untuk menghindari kerugian yang lebih besar,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Ismail Cawidu di Jakarta, Senin [23/11].

Duapuluh dua situs yang ditutup hak aksesnya karena melanggar hak cipta atas karya musik antara lain:
1. laguhit.com
2. mp3days.net
3. weblagu.com
4. wapkalagu.com
5. iozmusik.com
6. lagu.in
7. carilagu.net
8. bursalagu.com
9. beemp3s.org
10. arenalagu.com
11. saranmu.com
12. tubidy.in
13. stafaband.info
14. memomp3.com
15. zinzhu.com
16. mp3take.com
17. kumpulbagi.com
18. onlagump3.info
19. newlagump3.com
20. targetlagu.com
21. music-corner.info
22. musicxplore.com

Menurut Ismail Cawidu, penutupan 22 situs musik ilegal ini menindaklanjuti permintaan Kementerian Hukum dan HAM melalui Surat Nomor Konten HK1.7.HM.O1.O5-264 tertanggal 15 Oktober 2015 tentang rekomendasi penutupan Konten dan/atau Hak Akses Pengguna Pelanggaran Hak Cipta berdasarkan pengaduan dari Asoiasi Industri Rekaman Indonesia [ASIRI]. Sayangnya, dari daftar tersebut masih ada situs yang bisa diakses.

Perlu diketahui yang mengakses situs-situs ilegal itu mencapai 430 ribu per bulan [berdasarkan data dari ASIRI]. Bayangkan, satu orang yang mengakses dan mengunduh satu lagu saja, dengan asumsi satu lagu Rp. 7 ribu, maka, kerugian diperkirakan mencapai Rp. 66 miliar setiap bulan hingga potensi pendapatan negara dari pajak yang hilang mencapai Rp. 6,6 miliar per bulan.

Kemkominfo mengimbau para pengguna internet dapat menggunakan situs-situs musik yang legal. Semoga aksi sweeping Kemkominfo benar-benar terealiasi dengan baik. [][teks @pohanpow/kominfo.go.id | foto drew.edu, missglueckte-welt.de]