}
Desa Kung Fu di China
News

Desa Kung Fu di China

by Pandu
Tue, 29-Dec-2015

Sebuah desa kecil di kawasan Gunung Tianzhu, China Tengah, mendadak terkenal. Pasalnya, semua penduduk di sana bisa kung fu serta punya senjata rahasia masing-masing.

Desa kecil bernama Ganxi Dong itu dihuni suku Dong, yang termasuk satu dari 56 suku minoritas di China. Meski minor, Suku Dong punya kecakapan di dua bidang, bela diri dan pertanian. Setiap hari setelah menggarap ladang sawah, warga di sini berlatih tanding kung fu.

Tiap warga pun punya disiplin ilmu kung fu yang berbeda. Ada yang pandai dengan tangan kosong atau senjata. Uniknya, senjata itu termasuk dalam alat pertanian seperti tongkat atau garpu kebun.

Nggak ada yang tahu jelas, asal muasal kecakapan bela diri suku Dong. Ada dua legenda yang beredar mengenai hal tersebut. Pertama, desa leluhur Suku Dong dulu sering diganggu oleh hewan buas. Oleh sebab itu, warganya memilih  sejumlah anak muda untuk belajar kung fu ke luar desa. Setelah pandai, mereka kembali dan mengajarkan gerakan ilmu naga, ular, macan, dan kumbang pada keluarganya, hingga turun-temurun sampai sekarang.

Legenda kedua menyebut, hasil pertanian leluhur mereka sering dijarah. Maka, mereka menciptakan beberapa ilmu bela diri untuk melindungi keluarga serta hasil ladang, dan mengajarkannya ke seluruh warga desa.

Tidak diketahui mana yang benar. Yang jelas di antara 123 keluarga yang tinggal di Desa Ganxi Dong bisa kung fu. Meskipun mereka merantau keluar desa, ilmu kung fu tetap dipelajari agar tradisi tetap hidup terpelihara. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto dailymail]