}
Natalie Cole Akhirnya Menyusul Ayahnya
News

Natalie Cole Akhirnya Menyusul Ayahnya

by Yogira
Sun, 03-Jan-2016

Pencinta musik dunia kembali kehilangan penyanyi ternama. Hari penutup tahun 2015, tepatnya Kamis, 31 Desember silam, Natalie Cole meninggal di Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, Amerika. Dia menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 65 tahun.

“Natalie sudah berjuang keras agar bisa bertahan hidup dari kondisi sekarat. Dia bertempur melawan penyakitnya dengan martabat, kekuatan dan kehormatan. Dialah ibu tercinta kami, yang sangat dirindukan dan takkan terlupakan selamanya,” demikian pernyataan anaknya, Robert Yanci, seperti dikutip dari abcnews.com.

Kondisi tubuh Natalie kian memburuk setelah ia mengakui masa lalunya dihiasi jeratan narkoba. Akibatnya, dia mengalami penyakit hati, hepatitis C, yang diumumkannya pada tahun 2008.

“Saya seorang pencandu narkoba. Hepatitis C sudah tinggal di tubuh saya selama 25 tahun. Ini bisa terjadi juga pada wanita muda lainnya atau pencandu narkoba, jangan main-main dengan obat-obatan, terutama jarum suntik,” jelas Cole pada acara Grammy Awards 2009.

Sejak didiagnonis mengidap hepatitis C, Cole menjalani kemoterapi selama 4 bulan setelah diketahui dia mengalami gagal ginjal. Namun, ternyata, itu tak berhasil menyembuhkannya. Kondisi tubuh Cole pun terus nge-drop.

“Saya tak kuasa menahan airmata. Saya tahu, betapa sulitnya dia berjuang begitu lama. Dia adalah salah satu penyanyi terbesar di zaman kita,” kata Aretha Franklin, penyanyi jazz, yang juga sahabatnya.

Dalam perjalanan kariernya, Natalie memang lebih dikenal sebagai penyanyi jazz. Padahal dia pertama kali menggeluti musik R&B. Mungkin ini karena aliran darah jazz mengalir dari ayahnya, Nat King Cole, yang sudah lama meninggal. Bersama ayahnya, Natalie pun banyak menimba ilmu musik jazz, terutama aliran swing.

Dalam ranah penyanyi jazz, Natalie sering disejajarkan dengan Aretha Franklin, Patti LaBelle, Roberta Flack. Padahal usia Natalie paling  muda di antara penyanyi tersebut. Ini berkat karier Natalie yang melejit gesit. Penyanyi kelahiran 6 Februari 1950 ini beberapa kali menyabet penghargaan musik, terutama Grammy Awards. Dia pertama kali meraih piala itu pada tahun 1976, lewat lagu hit "This Will Be [An Everlasting Love]."

Natalie pun sukses dengan sederet lagu, yang banyak diputar seantero dunia, misalnya, “Insperable”, “I Wish You Love”, “Pink Cadillac”, “Miss You Like Crazy”, “Starting Over Again”, “Good to be Back”, dan tentu saja “Unforgettable”. Banyak orang tercengang ketika Natalie berduet dengan ayahnya, Nat King Cole. Dengan teknologi editing suara dan visualisasi canggih, Nat bisa bernyanyi bareng orang pujaannya yang sudah meninggal itu. Lagu “Unforgettable” versi unik ini  menuai hasil. Albumnya terjual sekitar 14 juta copy dan menyabet penghargaan 6 Grammy Awards.

Meski sudah meninggal, Natalie memang penyanyi “Unforgettable” sepanjang masa. Kini Natalie sudah menyusul ayahnya ke alam sana. Sesuai lagu miliknya, “Good to be Back”, Natalie memang lebih baik kembali kepada Sang Pencipta agar terlepas dari derita yang selama ini menguji hidupnya. [][teks @firza/abcnews.com/berbagai sumber | foto abcnews.com, youtube.com]