}
Mengenang Tugu Pancoran
News

Mengenang Tugu Pancoran

by Yogira
Thu, 07-Jan-2016

Banyak orang tak mengenal Edhi Sunarso. Tapi jika disebut Tugu Pancoran, tentu banyak yang hafal. Edhi adalah pemahat patung bersejarah itu.

Indonesia kehilangan pematung legendaris. Edhi wafat di Yogyakarta, Senin, [04/01/2016] pukul 23.15 WIB pada usia 83. Demikian yang dikabarkan akun Facebook Insititut Kesenian Indonesia [ISI] di Kota Gudeg itu.

Mendiang yang kelahiran Salatiga 2 Juli 1933 ini adalah pejuang kemerdekaan RI, yang diminta Presiden Soekarno untuk memahat Tugu Pancoran pada tahun 1970. Edhi yang sudah merengkuh banyak prestasi membuat Soekarno ingin mengapresiasi dia sebagai pematung kebanggaan Indonesia.

Saat itu Soekarno menyuguhkan ide kepada Edhi agar memahat patung yang mencerminkan kegagahan penerbang Indonesia dengan gambaran seperti Gatotkaca, yang sedang menginjak bumi.

Selain tugu tersebut, Edhi pun diminta Soekarno memahat monumen Selamat Datang di Bundaran HI, dan Patung Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng, Jakarta.

Namun pembangunan Tugu Pancoran sempat terkendala karena kekurangan biaya. Maka, Soekarno menjual mobilnya agar Edhie segera menuntaskannya.

Meski saat itu dirundung sedih karena Soekarno keburu meninggal dunia, Edhi berhasil mendirikan tugu itu. Monumen yang dikenal juga dengan nama Patung Dirgantara ini kini tetap berdiri kokoh di atas hiruk-pikuk kemacetan Jakarta. [][teks @firza/tni-au.mil.id, berbagai sumber | foto dok tni-au.mil.id, & Edwin 1303/deviantart.com]