}
11 Kabar Mengenai Gerakan Fajar Nusantara [Gafatar]
News

11 Kabar Mengenai Gerakan Fajar Nusantara [Gafatar]

by Dedi
Thu, 14-Jan-2016

Gerakan Fajar Nusantara [Gafatar] jadi sorotan setelah 30 Desember lalu, dokter Rica dan anak balitanya dilaporkan hilang. Dokter Rica akhirnya ditemukan di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Dan ternyata dari sebelum menikah dokter ini diketahui sudah lama aktif di Gafatar.


Jadi apa sih yang namanya Gerakan Fajar Nusantara [Gafatar]? Berikut adalah 11 kabarnya yang dirangkum dari sejumlah media:

1. Gafatar adalah organisasi kemasyarakat yang berdiri di Jakarta pada tanggal 14 Agustus 2011 dan di deklarasikan pada tanggal 21 Januari 2012 di Gedung JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.


2. Gafatar, seperti organisasi Al Qiyadah Al Islamiyah, meyakini Ahmad Mushaddeq sebagai utusan Tuhan [nabi] untuk membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar.


3. Gafatar menawarkan keringanan-keringanan dalam melaksanakan ibadah sehingga menarik bagi mereka yang enggan beribadah sesuai syariat Islam.

4. Gafatar percaya bahwa Pulau Jawa akan tenggelam beberapa tahun mendatang karenanya Gafatar menyerukan pengikutnya untuk hijrah atau eksodus keluar dari Pulau Jawa.


5. Gafatar menyasar orang berpendidikan tinggi yang tertarik dengan agama tapi tidak mempunyai dasar pengetahuan yang mencukupi.

6. Gafatar menanamkan simpatik kepada warga lewat beragam kegiatan positif seperti donor darah, pelatihan atau bimbingan belajar gratis.


7. Gafatar juga menggunakan propaganda berupa ketidakadilan yang diterima warga negara, untuk merekrut anggota khususnya para generasi muda.

8. Menurut pengamat aliran sesat, Ustadz Hartono Ahmad Jaiz, Gafatar merupakan penjelmaan dari organisasi terlarang Al Qiyadah Al Islamiyah pimpinan Ahmad Mushaddeq.

9. Ketua Umum Gafatar Mahful M Tumanurung adalah mantan tangan kanan Ahmad Mushaddeq.


10. Pemerintah memutuskan Gafatar sebagai organisasi terlarang melalui surat Ditjen Kesbangpol Kemendagri RI No. 220/3657/D/III/2012, 20 November 2012.

11. Gafatar saat ini dilansir berpindah dari pulau Jawa ke pulau Kalimantan dan berganti nama menjadi Negara Karunia Tuhan Semesta Alam [NKSA]. [][teks @dd_sarwono/berbagai sumber | foto berbagai sumber]