}
Berbarisnya 5 Buah Planet di Langit
News

Berbarisnya 5 Buah Planet di Langit

by Dedi
Thu, 21-Jan-2016

Mulai 20 Januari hingga 20 Februari mendatang sebuah fenomena alam akan terjadi di langit, yaitu terlihatnya lima planet di sistem tata surya dalam posisi sejajar.

Fenomena itu bisa disaksikan penduduk Bumi dengan mata telanjang sekitar satu jam sebelum Matahari terbit. Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan berbaris pada satu garis yang sejajar dari Utara hingga Timur.


Jupiter akan terlihat paling awal Utara, diikuti Mars, Saturnus, dan Venus di atas ufuk Timur. Merkurius akan muncul paling akhir tepat saat malam mulai beralih ke pagi. 

Menurut Thomas Djamaluddin --Pimpinan LAPAN-- dari 5 planet, 3 di antaranya bisa dilihat dengan jelas, sedangkan 2 planet lainnya samar-samar. "Venus itu Bintang Timur, itu paling terang. Planet Jupiter agak di atas kepala, cukup terang, agak tinggi. Planet Mars, berwarna agak kemerahan." Jelas Thomas.

Selain itu, planet dan bintang bisa dibedakan dari kedipan cahayanya. Planet memiliki cahaya yang diam dan stabil, sedangkan bintang berkedip-kedip.

Jadi bersiap-siaplah untuk bangun sebelum fajar dan amati fenomena alam itu di tempat terbuka yang tidak terhalang gedung tinggi atau pepohonan. [][teks @dd_sarwono/detik.com, iflscience.com | foto ABC Australia, wowkeren.com]