}
Lulusan SMA/SMK Jakarta Gratis Kuliah di PTN
News

Lulusan SMA/SMK Jakarta Gratis Kuliah di PTN

by Dedi
Wed, 27-Jan-2016

Mulai Juli tahun ini, Pemerintah Provinsi [Pemprov] DKI Jakarta akan menggratiskan biaya kuliah bagi lulusan SMA atau SMK Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, dikutip dari beberapa media, telah mengalokasikan dana untuk lulusan SMA maupun SMK berkuliah secara gratis di Perguruan Tinggi Negeri [PTN]. Anggaran akan diambil dari dana KJP yang telah dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah [APBD] DKI 2016 sebesar Rp 2,6 triliun.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Andrianto kepada mengatakan di Balai Kota DKI, Senin [18/01], calon mahasiswa harus memiliki KTP DKI dan sudah diterima di PTN di Indonesia.

"Mulai Juli ke atas bagi lulusan SMA maupun SMK akan dibiayai [kuliah] oleh pemprov DKI atau dikuliahkan secara gratis," ujar Sopan Andrianto. "Kami belum bisa menentukan besaran alokasi dana KJP bagi mahasiswa karena kami harus menghitung dulu jumlah siswa yang lolos ke PTN. Tidak hanya kampus negeri di DKI saja, kalau si anak diterima di universitas negeri di seluruh Indonesia pasti akan dibiayai,” lanjutnya lagi.

Program kuliah gratis ini merupakan kelanjutan dari program Kartu Jakarta Pintar [KJP] untuk siswa SMA. [][teks @dd_sarwono, inilah.com, babe.co.id, beritaku.co.id | foto pizra.com]