}
Gedoran Endank Soekamti di Album Baru
News

Gedoran Endank Soekamti di Album Baru

by Pandu
Thu, 28-Jan-2016

Selama sebulan Endank Soekamti ‘bertapa’ di sebuah pulau kecil tak jauh dari Lombok, Gili Sudak. Bukan karena sedang liburan untuk melepas penat bising kota besar. Tidak. Endank Soekamti di Gili Sudak berkonsentrasi membuat album ke-7.

Di album ke-6, Kolaborasoe [2014], trio ini mengkover lagu-lagu yang pernah tenar pada zamannya. Semisal lagu Naif "Benci Untuk Mencinta" sampai lagu pop anak-nak CJR "Eeaaa". Mereka juga bahkan mengajak para musisi tadi berkolaborasi dalam lagu koveran Endank Soekamti.



Di album ke-7, Soekamti Day [2016], Erix, Dory, dan Ari berinovasi dengan merekam seluruh lagu di luar ruang [outdoor studio]. Terdapat 17 buah trek yang berhasil direkam selama Juni - Juli 2015. Dari rilis yang kami terima, mereka menyebut bahwa rekaman album dengan konsep outdoor studio ini terbilang unik dan sangat menantang dalam proses produksinya.

Soekamti Day baru akan dirilis 16 Februari mendatang, dengan single pertama "Sampai Jumpa" sebagai penggedor. Trek pertama itu adalah lagu terakhir yang direkam Endank Soekamti. Mereka mempersembahkan lagu "Sampai Jumpa" sebagai salam perpisahan dan bentuk terimakasih kepada masyarakat Gili Sudak.

Di antara lagu dalam album ini atau yang pernah dibuat Endank Soekamti, Sampa Jumpa yang paling berbeda. Lagu ini digarap dengan aransemen minimalis dan alat musik seadanya. Lalu Endank Soekamti beserta kru yang mengisi vokal. Karya kasar ini lalu dipoles jadi lebih mulus dengan tambahan bunyi cello dari Wawan Sa’unine pada proses pasca produksi.

“Ini akan jadi single Endank Soekamti yang sangat berbeda, segar, dan unik, jika dibandingkan dengan single-single sebelumnya. Semoga kehadiran single ini memberikan warna baru di blantika musik Indonesia, serta dapat jadi teman penghibur dan penyemangat bagi siapa saja yang mendengarkan,” tulis Endank Soekamti. [][teks @HaabibOnta/PR | foto PR]