}
E-KTP Berlaku Seumur Hidup
News

E-KTP Berlaku Seumur Hidup

by Sherra
Fri, 05-Feb-2016

Kementerian Dalam Negeri [Kemendagri] menegaskan, Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP berlaku seumur hidup. Meski e-KTP yang telah beredar sebelumnya masih tercatat batas waktu kadaluarsa, masyarakat nggak perlu memperpanjang kartu identitas tersebut setiap 5 tahun sekali selama kartunya belum rusak. Ketentuan ini telah diatur dalam Undang-undang [UU] No. 24 Tahun 2013 pasal 64 ayat 7A.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan e-KTP yang kadaluarsa masih sah dan tetap berlaku. Masyarakat nggak perlu kuatir ditolak saat menunjukkan e-KTP kadaluarsa untuk berbagai urusan di kantor atau lembaga manapun karena kartu tersebut masih bisa digunakan.

Kemendagri memberlakukan kebijakan itu karena beberapa kasus perpanjangan e-KTP yang disalahgunakan oknum petugas di kelurahan/kecamatan.

"Bagi masyarakat yang belum tahu hal ini, jangan mau jika Anda dimintai uang oleh calo ataupun oknum petugas untuk mengurus dan membuat e-KTP yang baru lagi," ujar Tjahjo.

E-KTP dapat diubah atau dicetak ulang jika masyarakat berpindah alamat, status, menambah gelar, atau mengganti foto dan lainnya. Perlu diketahui juga, dengan e-KTP masyarakat bisa memperpanjang SIM di mana saja dan nggak berdasarkan domisili.

Nah, belum punya e-KTP? Yuk! Segera melakukan perekaman e-KTP. Jangan takut dikenakan biaya karena sudah dibayar oleh negara. [][teks @saesherra/kemendagri.go.id | foto @saesherra]