}
KTP Anak Mulai Diterapkan Maret 2016
News

KTP Anak Mulai Diterapkan Maret 2016

by Dedi
Mon, 15-Feb-2016

Kementerian Dalam Negeri [Kemendagri] mulai menerapkan penggunaan KTP anak yang disebuat KIA [Kartu identitas Anak] pada bulan Maret 2016 mendatang.


Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, saat ini Dirjen Dukcapil [Kependudukan dan Catatan Sipil] Kemendagri mulai mengumpulkan seluruh kepala dinas di Indonesia untuk sosialisasi penerapannya. Ditargetkan akhir 2016 ini seluruh masyarakat sudah memiliki KTP elektronik dan KIA, karenanya akta kelahiran juga harus dimiliki seluruh masyarakat Indonesia. 


Dengan adanya penyempurnaan kartu identitas ini, diperlukan data kependudukan yang valid di tiap kecamatan sampai kelurahan/desa. Untuk tahap awal ini, ia mengaku sulit kalau harus menunggu inisiatif warga mendatangi kelurahan/kecamatan, karenanya akan dibentuk tim di setiap desa/kelurahan untuk mendatangi masyarakat “door to door” dalam rangka pendataan yang akan mulai jalan Maret ini. 

KIA bermanfaat untuk pengurusan paspor, kartu kesehatan, dan kartu pintar. Selain itu untuk membuka tabungan di bank tak perlu lagi mengatasnamakan wali atau orangtua. [][teks @dd_sarwono/kemendagri.or.id | foto lampost.co, procal.co, jabar.go.id]