}
Demi F1, Rio Haryanto Didukung Penggiat Balapan
News

Demi F1, Rio Haryanto Didukung Penggiat Balapan

by Pandu
Mon, 22-Feb-2016

Dalam satu bulan terakhir ini, dua nama pemuda Indonesia diperbicangkan di dua bidang, otomotif dan musik, baik media internasional maupun lokal. Mereka adalah Rio Haryanto dan Joey Alexander, yang belakangan ini sering terpampang sebagai headline.

Joey Alexander telah menuntaskan misi sebagai musisi paling muda diakui di ajang Grammy Awards. Sementara nasib Rio Haryanto masih beriak. Meski begitu, Rio sudah memastikan bergabung dengan tim Manor dan akan berlaga pada balapan 'jet darat' F1 musim tahun ini. 

Belakangan ini, polemik akan partisipasi Pebalap Rio Haryanto pada ajang F1 menuai banyak sorotan. Maklum, ia perlu menyetorkan dana 400 Miliar kepada Tim Manor untuk mendapatkan satu kursi di arena balap. Dana itu juga dipakai untuk membangun mobil F1 yang akan dipakai Rio saat balapan.

Melihat polemik ini, Alexandra Asmasoebrata melalui ayahnya --yang juga mantan pebalap-- Alex Asmasoebrata beserta pegiat balapan tanah air menyatakan dukungan untuk Rio Haryanto. Mereka juga mengimbau bagi para pengusaha untuk mau mengeluarkan dana CSR. Serta tiga kementrian [BUMN, Olahraga dan Pariwisata] mau ikut membantu menggalangkan dana.

“Kami terus terang meminta sponsor pada pemerintah untuk membantu Rio. Sulit untuk menemukan bakat yg sama seperti dia. Sekarang atau tidak sama sekali!” tegas Alex Asmasoebrata.

Pria yang pernah membalap di arena go-kart itu lalu menjelaskan, Malaysia saja ingin sekali ada pebalapnya yang ikutan F1. Tapi belum ada bakat yang muncul meski sudah menggelontorkan dana banyak. Bahkan Petronas sampai keluar dana trilunan untuk mensponsori Lewis Hamilton.

Lewat UU RI No. 3 tahun 2005, Alex mengatakan,  pemerintah pusat dan daerah wajib membantu olahragawan supaya berkembang.

“Malaysia beda lho sama kita. Kita punya pebalap, ada uang, ada UU juga. Tapi kenapa susah [untuk mendanai]?” terang Alex.

Ia menyebut Rio Haryanto bisa jadi pembuka agar lebih banyak lagi atlet lain yang tergerak karena percaya didukung oleh pemerintah juga. Secara gamblang, ia memang bersikeras mendukung Rio karena percaya dengan bakatnya .

“Rio harus kita bantu untuk menegakkan merah putih di ajang internasional,” tutup Alex Asmasoebrata. [][teks & foto @HaabibOnta]