}
Best Cuts of Piyu Meluncur ke Pasaran
News

Best Cuts of Piyu Meluncur ke Pasaran

by Pandu
Tue, 01-Mar-2016

Piyu akhirnya merilis album solo kedua, Best Cuts of Piyu. Pria bernama asli Satriyo Yudi Wahyono tersebut menggandeng 11 vokalis untuk bisa mewujudkan konsepnya. Mereka menyanyikan lagu-lagu hits ciptaan Piyu.

Trek-trek semisal, "Begitu Indah", "Harmoni", atau "Mahadewi" pasti tidak asing lagi di telinga generasi  dewasa di dekade '90-an ke atas. Dari 11 trek, 9 di antaranya menjadi lagi ngetop yang ditulis Piyu untuk PADI.  Lelaki 42 tahun ini memang penulis lirik sekaligus komposer yang yahud.

“Jadi kami mencari dulu vokalis-vokalis lewat YouTube dan media streaming lainnya. Saya pilih mereka berdasarkan insting, sepertinya pas jika harus membawakan salah satu lagu,” ujar Piyu ketika jumpa awak media di Kemang, Jakarta, belum lama ini.

Bagi dia, proyek kali ini tidak bisa dikatakan mudah. Pasalnya, dia harus melibatkan 11 vokalis yang berasal dari label yang berbeda.Tentu urusan jadwal antara rekaman, latihan dan manggung otomatis juga beda. Sepengalaman Piyu, saat dulu mengerjakan album kompilasi, dia merasa lebih mudah karena berada di satu label. Tapi untuk Best Cuts of Piyu, dia perlu ekstra tenaga.

“Beberapa lagu hits memang tidak masuk, semisal 'Kasih Tak Sampai'. Bukan tidak ingin dimasukkan, tapi saya belum menemukan vokalis yang bisa memberi ruh baru pada lagu itu. Jadi pertama itu, kami memilih karakter vokal yang asyik, baru ditentukan lagu apa yang pas baginya,” terang Piyu.

Ia mengaku tidak ingin memaksakan sebuah lagu untuk dinyanyikan oleh vokalis meski ia suka pada lagunya. Bagi Piyu, masing-masing vokalis tadi telah memiliki karakter. Jadi ketika suara mereka direkam, terasa berbeda dengan versi terdahulu.

Setelah merilis album Best Cuts of Piyu, ia berencana akan menggelar tur untuk mempromosikan album ini ke 15 kota. Kemungkinan itu terlaksana di bulan April-Juni.

“Kami adalah penyanyi panggung. Kalau nggak manggung ya nggak enak, hahaha.” tutup Piyu. [][teks @HaabibOnta | foto PR]