}
Ireng Maulana Wafat Tinggalkan Jazz
News

Ireng Maulana Wafat Tinggalkan Jazz

by Yogira
Sun, 06-Mar-2016

Maestro jazz, Ireng Maulana wafat pada Minggu [06/03] pukul 00.25. Diduga, penyebabnya adalah serangan jantung. Musisi jazz legendaris Indonesia ini melepas kehidupan di dunia pada usia 71 tahun. Kabarnya, ia menghembuskan nafas terakhirnya dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta.

Kepulangan Ireng ke alam keabadian mendapat respons dari banyak orang melalui ucapan belasungkawa di media sosial.

“Baru meninggal dengan tenang karena serangan jantung, Tokoh musik Indonesia, Ireng Maulana," tulis penggagas Java Jazz Festiva, Peter F Gontha lewat akun twiterr-nya, @PeterGontha.

"Selamat jalan legenda jazz Indonesia, Ireng Maulana. #RIPIRENGMAULANA," demikian pada twitter resmi @JavaJazzFest.

Tokoh pers nasional Goenawan Mohamad mengucapkan juga belasungkawa dengan akun twitter-nya @gm_gm. Bung Ireng Maulana, selamat jalan: "Jika musik adalah santapan cinta, beri dia berkelimpahan" -- Sitor Situmorang [1923-2014].

Banyak lagi ucapan duka cita tokoh, kerabat, dan masyarakat luas, khususnya pencinta musik jazz atas kepergian Ireng, yang dikenal sebagai penggagas event Jak Jazz.

Ireng yang bernama asli Eugene Lodenwijk Willem Maulana adalah musisi kelahiran Jakarta, 15 Juni 1944. Dia adalah adik gitaris jazz Kiboud Maulana, yang sudah meninggal sebelumnya pada 6 Juni 2015 dalam usia 77 tahun. Semasa hidupnya, Ireng dan Kiboud memang dikenal sebagai musisi jazz sejak tahun '60-an hingga sekarang. Kiprahnya pada acara panggung jazz, dia dikenal sebagai pionir penyelenggaraan jazz skala internasional di Indonesia melalui Jak Jazz, yang digelar pertama kalinya pada 1988.

Di panggung, Ireng sering memainkan gitar banjo dan lebih sering dikenal membawakan genre jazz, dixieland. Hingga masa tuanya, Ireng tetap manggung di berbagai tempat dan terakhir kalinya meninggalkan jazz di alam dunia saat dia bermain di Senayan baru-baru ini. Selamat tinggal Ireng Maulana, semoga kiprahmu dengan musik jazz selalu membahana di Indonesia. [][teks @firza/berbagai sumber  | foto YouTube/Mostly Jazz Jakarta, indonesianewsstand.com]