}
Rio Haryanto Siap Tampil di Australian Grandprix
News

Rio Haryanto Siap Tampil di Australian Grandprix

by Yogira
Mon, 14-Mar-2016

Tinggal menghitung hari, Rio Haryanto tampil untuk pertama kalinya dalam ajang jet darat Formula 1 [F1].

Pebalap asal Solo ini akan memulai debut F1 pada seri Australian Grandprix, di Melbourne, Australia, [17,18,19,20 Maret 2016]. Seperti diberitakan situs resmi grandprix.com.au [10/3], Rio sudah benar-benar siap akan merasakan jadi pebalap F1 di Australia nanti.

Tentu saja Rio  berharap bisa melampui yang sudah direncanakannya. Apalagi dia satu-satunya pebalap pertama F1 dari Indonesia, yang akan bersaing dengan dua pebalap pemula lainnya.

“Melbourne akan akan menjadi momen besar bagi saya, negara saya, pendukung saya dan penggemar saya," ujar Rio, yakin. Di sirkuit Albert Park, Melbourne nanti, Rio akan menunggangi mobil balap andalan tim Manor Racing, yakni MRT05, yang sudah diperkenalkan saat tes F1 di Sirkuit Catalunya, Spanyol.

Tidak banyak perubahan pada desain MRT05. Body mobil tetap berwarna biru, merah, dan hitam. Yang membedakan dengan desain sebelumnya cuma bagian hidungnya.

Pada badan MRT05, terpasang juga tulisan sponsor Pertamina pada bagian depan dan sayap. Sedangkan nomor mobilnya, 88. Sponsor Pertamina dan buku tulis Kiky terpasang juga di helm Rio. 

MRT05 bermesin Mercedes, yang dipercaya sangat tangguh dan agresif. Sebelumnya mobil ini bermasalah saat uji coba di Catalunya. Tapi Rio yakin, sekarang sudah lebih baik.

“Saya pikir, mobil sudah diperbaiki dengan baik untuk tempat yang baik pula. Saya bersemangat untuk memakainya di Melbourne,” kata Rio.

Di tim Manor, Rio akan bersaing menjadi pebalap pilihan utama. Rekan satu timnya, Pascal Wehrlein [Jerman] kini diperhitungkan juga sebagai pebalap pemula berbakat. [][teks @firza/grandprix.com.au | foto grandprix.com.au, formula1.com]