}
Susi Pudjiastuti Ledakkan Kapal Viking
News

Susi Pudjiastuti Ledakkan Kapal Viking

by Yogira
Tue, 15-Mar-2016

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama tim Satgas Pemberantasan Illegal Fishing atau Satgas 115 meledakan kapal motor FV Viking di Pantai Pangandaran, Jawa Barat, Senin [14/03] pada pukul 12.30 WIB.

Susi yang langsung memimpin Satgas 115 menyebutkan, peledakan kapal Viking sebagai cara tegas untuk memberikan efek jera terhadap pelaku kejahatan pencurian ikan secara ilegal di wilayah perairan Indonesia.

“Ini untuk memberikan peringatan kepada kapal pencuri ikan agar tak mampir ke Indonesia,” tegas Susi, seperti dikatakan di laman Setkab, Jakarta, [14/03].

Satgas 115 sebelumnya sudah mengincar sepak terjang kapal Viking ketika pertama kali ditemukan memasuki perairan Indonesia pada 26 Februari 2016. Kapal tersebut harus ditangkap karena berlayar di perairan Zona Eksklusif Ekonomi [ZEE] Indonesia, 12, 7 mil dari Tanjung Uban, Bintan, Kepulauan Riau. 

Selain sudah melanggar ZEE Indonesia, kapal Viking pun membawa jaring ikan liong bun dan tali jaring yang melebihi panjang yang sudah ditetapkan, yakni hanya sepanjang 2.500 meter.

Kapal Viking memang selama 10 tahun ini dinyatakan buronan dari interpol dunia. Kapal ini sudah beroperasi menggunakan 12 nama berbeda dan dengan memakai 8 bendera dari 8 negara berbeda pula.

Viking hanyalah 1 dari 100 lebih kapal asing yang sudah ditenggelamkan atas arahan Susi Pudjiastuti sejak tahun 2015. Tahun ini pun Susi dan timnya sudah siap puluhan lagi kapal asing, yang diduga melanggar hukum perairan Indonesia. [][teks @firza/berbagai sumber | foto setkab.go.id, seashepherdglobal.org]