}
'Mainan' yang Bikin Resah
News

'Mainan' yang Bikin Resah

by Dedi
Fri, 18-Mar-2016

Baru-baru ini Komisi Perlindungan Anak Indonesia [KPAI] meminta penjualan 'mainan' keluaran Good Guys Never Win [GGNW] seri Indo Psychos dihentikan karena dianggap meresahkan.

'Mainan' berupa figurine seri Indo Psychos ini menampilkan karakter Ryan si Jagal dari Jombang, Robot Gedek, dan Sumanto si Kanibal yang merupakan tokoh kriminal sadis Indonesia. Seperti dilansir detik.com [16/3], Komisioner KPAI Erlinda Iswanto mengatakan KPAI melarang penjualan figurine tersebut karena menunjukkan kekerasan.


Figurine yang dikuatirkan akan memberikan efek psikologis yang buruk ke anak ini ternyata hanya salah satu dari sekian seri yang dirilis GGNW. Selain seri Indo Psychos yang kontroversial itu, GGNW juga merilis seri Dead Patriot, Living Legends, Legends, Setan Lokal, War Stars, dan lainnya.


GGNW dimotori Cipta Croft-Cusworth, seorang pria kelahiran Inggris tahun 1978 dan lulusan Desain Komunikasi Visual Universitas Teknologi Sydney, Australia. Figurine GGNW menjadi populer setelah diperkenalkan di Jakarta Toys Fair 2015 lalu dan karena diproduksi secara terbatas.

Umumnya tiap karakter figurine hanya diproduksi 300 buah dan di kemasannya tertera nomer produksinya sehingga berkesan eksklusif. Kuatir tersandung masalah hak cipta, GGNW tidak pernah mencantumkan nama dari tokoh yang dijadikan karakter pada figurine buatannya.

Dan seperti tertulis pada bagian belakang kemasannya, figurine GGNW tidak ditujukan sebagai mainan dan hanya diperuntukkan kepada hobbyist yang berusia di atas 17 tahun saja.

Untuk kalangan hobbyist, memang tidak semua figurine adalah mainan anak-anak. Contohnya figurine bintang porno Jenna Jameson keluaran plastic fantasy. Namun harus disadari juga oleh Cipta, di Indonesia masih ada nilai moral, etika dan edukasi yang harus diperhatikan dalam membuat dan memasarkan suatu produk. [][teks @dd_sarwono | foto  berbagai sumber]