}
Solois Jazz Binaan Erix Soekamti
News

Solois Jazz Binaan Erix Soekamti

by Pandu
Mon, 28-Mar-2016

Kebanyakan orang bangun tidur, terus mandi dan gosok gigi. Namun Jalu TP melakoninya berbeda. Mahasiswa jurusan musik di sebuah perguruan tinggi di Salatiga ini lebih memilih bermain gitar dan mengkover lagu Endank Soekamti, berjudul "Carikan Cinta". Ia mengubah lagu punk rock itu jadi berirama jazzy dan ia pun membikin videonya.  

Boom! Video iseng itu ditengok Erix Soekamti dan di-repost ke instagram. Jika mengingat itu, Jalu merasa seharusnya dia touch up dulu biar lebih terlihat ganteng di video. Erix dan Jalu akhirnya memutuskan bertemu untuk berdiskusi menggarap proyek. Erix pun menawari Jalu untuk membuat album. Pejantan tambun itu melihat ada bakat pada diri Jalu.

“Aku nggak nyangka sebetulnya, karena aku kira cuma ditawari single kolaborasi. Bangga rasanya jadi Kamtis Family yang bisa diproduseri langsung Mas Erix,” ungkap Jalu.

Di debut albumnya berjudul Taji,  ada 13 lagu koveran Endank Soekamti, sebagian memuat lagu hits, seperti "Carikan Cinta", "Bau Mulut", serta "Satyo dan Rio". Karena punya basic sebagai mahasiswa seni musik, Jalu mengaku tidak terlalu mengalami kesulitan ketika diminta menggubah lagu-lagu Endank Soekamti yang semula punk rock menjadi jazz. Ia juga bersikeras tiap lagu punya ciri khas masing-masing.

Pemuda yang fasih memainkan bass, gitar dan keyboard ini mengamplas kekasaran musik Endank Soekamti jadi lebih halus agar sesuai dengan kaidah jazz. Sebagai bagian Kamtis Family yang diproduseri langsung oleh Erix,  Jalu pun berujar bahwa ‘dosennya’ itu justru tipikal orang yang dinamis, kreatif dan perfeksionis. Dari Erix, Jalu belajar cara bisa melampaui dirinya sendiri.

Ini dia, Jalu T.P – Carikan Cinta. [][teks @HaabibOnta | foto Jalu T.P]