}
Marcello Tahitoe dan Cerita Album Keempat
News

Marcello Tahitoe dan Cerita Album Keempat

by Pandu
Wed, 23-Mar-2016

Marcello Tahitoe yang pernah bernama panggung Ello, baru saja merilis album keempat. Album itu ia beri nama Jalur Alternatif. Sebuah representasi yang menurutnya pas dengan musiknya yang sekarang. Ello tidak lagi lagu mellow, sebaliknya ia lebih bertaring di album ini.

Ada 10 trek anyar di Jalur Alternatif yang berbeda sekali dengan materi-materi sebelumnya. Sebab Marcello menambahkan distorsi ke dalam karyanya. Serta dibantu oleh musisi wahid sekelas Ridho Slank, Baron, Yoyo Musikimia, Magi /Rif, Brian SO7, dan Ikmal Tobing.

“Materi album ini sebetulnya sudah jadi dari tahun lalu. Single “Sorry Abis” bahkan sudah dilepas dari tahun 2014,” ujar Marcello Tahitoe.

Marcello memang punya siklus mengeluarkan album tiap empat tahun sekali, seperti sarjana. Ello [2005], Realistis/Idealis [2009], Taub Mumu [2012], dan Jalur Alternatif [2016]. Tapi bukan cuma itu, pihak label menyebut supaya waktunya pas untuk mengenalkan Marcello yang baru.

Trek ketiga, "Berdiri Sampai Mati", ia dedikasikan untuk mendiang ibunya, Diana Nasution yang wafat tiga tahun lalu. Lagu itu bercerita tentang perjuangan seseorang. “Nggak tahu kenapa, tiap dengar lagu ini gue inget Mama. Gue tahu banget dulu gimana Mama berjuang melawan penyakitnya. Persis dengan lagu ini yang berisi tentang perjuangan,” ujar pria yang kini gondrong dan brewokan ini.

Sementara trek kedelapan, "Aku Ada di Belakangmu", diciptakan ayahnya, Minggoes Tahitoe. Pria 33 tahun itu bilang jika album ini adalah yang paling mudah ia kerjakan. Karena genre alternative memang makanannya sejak dikenalkan oleh abang keduanya waktu ia kecil. Beda dengan kalau suruh bikin lagu mellow, ia merasa pusing lebih dulu.

Marcello punya ritual khusus sebelum membuat sebuah album. Ia perlu puasa tidak mendengarkan musik apapun selama 6 bulan. Hal itu supaya ketika ia masuk studio, apa yang keluar darinya benar-benar murni. Tidak bertautan atau terintervensi dengan musik selain dari jiwanya.

“Mungkin aneh, tapi tadi gua sempat bilang sebelum press conference ini, gua bangga banget dengan album ini,” tutup Marcello. [][teks & foto HaabibOnta]