}
Led Zeppelin Kena Tuduhan Plagiarisme
News

Led Zeppelin Kena Tuduhan Plagiarisme

by Pandu
Wed, 13-Apr-2016

Tuduhan plagiarisme oleh band Spirit terhadap Led Zeppelin memasuki babak baru. Kasus yang mencuat sejak 2014 ini mulai maju ke meja peradilan untuk mendengar komentar juri. 

Mendiang Randy California, [frontman Spirit] menuduh empat chord awal “Stairway to Heaven” hasil comotan dari lagu “Taurus” ciptaannya. Sebelum meninggal pada tahun 1997, dalam sebuah interview, Randy complain tentang kesamaan dua lagu itu, sehingga akhirnya menjadi tuntutan hukum oleh Michael Skidmore, wali mendiang Randy.

Hakim Klausner yang bertugas pada masa praperadilan ini menyebut, juri lebih cocok untuk bisa menemukan substansi permasalahan ini.

“Benar memang empat chord awal sangatlah mirip. Tapi itu sudah menjadi hal biasa di industri musik. Yang tersisa hanyalah penilaian subjektif tentang “konsep dan rasa” dari dua karya itu. Dan tugas ini cocok diberikan pada juri.” kata Klausner.

Dalam kasus ini Robert Plant dan Jimmy Page yang menjadi terdakwa. Pasalnya, kredit penciptaan “Stairway To Heaven” dimiliki mereka berdua. Karena itulah, mereka harus menjalani proses peradilan 10 Mei mendatang.

Spirit yang merupakan band psychedelic asal Amerika menciptakan lagu "Taurus" pada tahun 1967 atau 4 tahun sebelum muncul lagu “Stairway To Heaven” pada tahun 1971. Dalam masa itu Led Zeppelin dan Spirit pernah menjalani tur bersama.

Jimmy Page menyebut, bisa saja ia memang terinfluensi oleh lagu Taurus. Tapi baginya, tuduhan plagiarisme adalah lelucon.

Kalian bisa dengar sebagai perbandingan antara lagu Taurus dan "Stairway to Heaven. Jika kalian juri pra-peradilan, benarkah Led Zeppelin melakukan plagiarisme? [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber I foto Led Zeppelin]