}
Muhammad Ali "The Greatest" Tutup Usia
News

Muhammad Ali "The Greatest" Tutup Usia

by Dedi
Sat, 04-Jun-2016

Cassius Clay, yang lebih dikenal oleh dunia sebagai Muhammad Ali, meninggal dunia di usia 74 tahun karena masalah pernapasan.


Ali yang telah menderita penyakit Parkinson sejak 1984, diketahui dirawat di rumah sakit pada hari Kamis lalu dan harus menggunakan alat bantu.

Pada Jumat malamnya [3/6/2016], Rahman Ali, adik dan juru bicara keluarga mengumumkan bahwa Ali telah tutup usia di Phoenix, Arizona. Pihak keluarga menyatakan bahwa Muhammad Ali akan dimakamkan di kota kelahirannya, Louisville, Kentucky.

Ali mendapatkan ketenarannya setelah memenangkan medali emas kelas berat ringan di Olimpiade Roma 1960 dan gelar kelas berat dunia pertama didapatkannya  setelah mengalahkan Sonny Liston pada tahun 1964. Ali adalah petinju pertama yang menyandang gelar kelas berat dunia tiga kali setelah kemenangan berikutnya pada 1974 dan 1978.


Ali pernah menentang perang Vietnam pada 1967 dan menolak wajib militer yang membuat gelarnya sempat dicabut dan dipenjara.  

Ali menggantungkan sarung tinjunya pada tahun 1981, setelah memenangkan 56 dari 61 pertarungan dan hanya tiga tahun setelahnya, Ali divonis menderita Parkinson.

Namun dengan tangan yang bergetar karena penyakit Parkinson yang di deritanya, Ali berhasil menyalakan obor semangat Olimpiade di Atlanta pada 1996.


Selamat jalan Sang Juara, semangatmu akan selalu kami kenang selamanya.[][teks @dd_sarwono, bbc.co.uk, telegraph.co.uk, wikipedia.org | foto berbagai sumber, entrepello.com, comicvine.gamespot.com]