}
Ramadhan Jazz Festival Satukan Perbedaan
News

Ramadhan Jazz Festival Satukan Perbedaan

by Pohan
Tue, 21-Jun-2016

Ramadhan Jazz Festival [RJF] di pelataran Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta sukses digelar pada 17 dan 18 Juni 2016. Suasana hari kedua RJF lebih ramai dibanding hari pertama. Namun, hampir bisa dipastikan pengunjung secara keseluruhan tidak membludak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pengunjung tak sekadar diajak beramal lewat kotak donasi di pintu masuk. Mereka disuguhkan lineup penutup yang tak kalah seru daripada hari pertama, yaitu Merah, Fariz RM, Shena Malsiana, Barry Likumahuwa, Ecoutez, Soulvibe, dan MALIQ & D’Essentials. Masing-masing membawakan sekitar 4-6 lagu.

Sebelum Barry Likumahuwa naik panggung, MC Adit Insomnia dan Gilang Gombloh mengajak penonton untuk melihat video tribute Muhammad Ali yang diputar pada layar panggung. Festival musik di area mesjid ini memang tak pandang bulu. Barry Likumahuwa pun bersemangat untuk menyatukan segala perbedaan yang ia selalu sampaikan dalam setiap aksinya.


Barry mengaku sangat senang mendapat kesempatan tampil di RJF meskipun ia bukanlah seorang Muslim. Penonton diajak berinteraksi lewat lagu berjudul “Unity”, saling menyahut “Alhamdulillah” dan “Haleluyah”. Seperti lirik lagu tersebut, “Lupakan semua perbedaan, kamu aku satu dalam cinta.."

Setelah aksi Barry Likumahuwa, giliran Ecoutez dan Soulvibe. Ecoutez tampil untuk pertama kalinya di RJF.  Mereka membawakan empat lagu, termasuk “Maafkan [Tak Sempurna]”, “Percayalah”, dan “Simpan Saja”. Soulvibe yang kini tinggal bertiga pun sempat membawakan “Biarlah [Hapuslah Cinta]”.

Pada penghujung acara menjelang pukul 1 dinihari, pengunjung tetap setia hingga MALIQ & D’Essentials naik ke atas panggung. Angga mengatakan, "Tak banyak berbicara, r u ready for party tonite?”. Pertunjukan dihiasi lagu "Setapak Sriwedari”, “Himalaya”, “Pilihanku”, dan fireworks menjadi hiasan panggung saat lagu terakhir, “Dia”. [][teks & foto @pohanpow]