}
FFI 2016 Siap Digelar November
News

FFI 2016 Siap Digelar November

by Yogira
Fri, 22-Jul-2016

Dengan mengusung tema “restorasi” Festival Film Indonesia [FFI] akan kembali digelar tahun ini. Malam puncaknya diagendakan pada November. Meski begitu, tanggalnya belum dipastikan

“November sudah pasti. Soal tanggalnya, kami masih mencari waktu yang tepat,” kata Lukman Sardi, Ketua Panitia Pelaksana FFI 2016 pada acara konferensi pers di Restoran Kembang Goela, Parking Lot Plaza Sentral, Jakarta, Kamis [21/7/2016].

Pada acara jumpa pers, selain Lukman hadir pula Olga Lydia [Ketua Bidang Penjurian], Kemala Atmojo [Ketua Badan Perfilman Indonesia], dan Maman Wijaya [Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kemdikbud]

“Tahun ini tema yang diambil adalah restorasi. Jadi, ini bagian yang harus dijaga dalam melestarikan film Indonesia. Makanya, 3 Agustus nanti, akan diputar film klasik Tiga Dara di bioskop Metropole XXI, Cikini,” jelas Lukman.

Panitia FFI 2016 sepakat memilih malam puncak penganugerahan akan digelar di Teater Besar Taman Ismail Marzuki [TIM], Jakarta. Alasanya, lokasi TIM sangat bersentuhan dengan aktivitas seni dan film, termasuk dengan Institut Kesenian Jakarta [IKJ].

Seperti tahun sebelumnya, FFI tahun ini pun menyiapkan 5 jenis kompetisi, yakni: Film Bioskop, Film Pendek, Film Animasi Pendek, Film Dokumenter Panjang, dan Film Dokumenter Pendek.

Hal yang membedakan dengan tahun sebelumnya adalah tahap seleksi untuk kompetisi Film Bioskop.

“Tahap seleksi akan dilakukan semua Asosiasi Profesi Film. Masing-masing akan melakukan voting lalu memberikan rekomendasi film-film yang kemudian akan menjadi short listed film-film yang akan masuk ke tahap penjurian berikutnya,” jelas Olga Lidya.

Ada satu hal lagi yang baru dalam FFI tahun ini, yakni diadakannya pemilihan soundtrack terbaik dari film-film yang dikompetisikan. [][teks @firza | foto @alpepabomb]