}
Merayakan Kemerdekaan dengan Chairil Anwar
News

Merayakan Kemerdekaan dengan Chairil Anwar

by Yogira
Wed, 17-Aug-2016

Sejumlah tokoh, artis, dan pejabat membacakan puisi-puisi karya Chairil Anwar dalam acara Ceramah dan Pembacaan Sajak Chairil Anwar” di Teras Gedung Tempo, Jakarta Selatan, [15/8].

Perhelatan tersebut mengambil tema “Merayakan Chairil Anwar” sebagai salah satu rangkaian edisi khusus Hari Kemerdekaan majalah Tempo. Tokoh dari Tempo Media, Goenawan Mohammad menyampaikan pidato kebudayaan tentang sosok Chairil Anwar berikut pergulatannya dalam menulis puisi, yang selalu mencerminkan tema kemerdekaan dan kebebasan.

Evawani Chairil, yang merupakan puteri tunggal Chairil Anwar memberikan kata sambutan tentang ayahnya itu. Dia mengatakan, Chairil sangat menggemari buku. Bahkan dia lebih memilih tidak makan untuk besok ketimbang tidak bisa membeli buku.

Tokoh terkemuka dan pejabat tinggi didapuk membacakan puisi-puisi Chairil Anwar, antara lain: Sri Mulyani Indrawati, Budi Karya, Sudirman Said, Tito Karnavian, Rano Karno, dan Anis Baswedan. Artis Dian Sastro dan Reza Rahadian kebagian jatah juga membacakan puisi. Malam itu, Dian membacakan puisi Derai-derai Cemara, yang disambut aplaus meriah dari para tamu undangan. Suasana acara kian meriah dengan penampilan band Efek Rumah Kaca. [][teks @firza/tempo.co, berbagai sumber | foto @tempodotco]