}
Owi & Butet Hadiahkan Emas untuk Ultah Indonesia
News

Owi & Butet Hadiahkan Emas untuk Ultah Indonesia

by Yogira
Thu, 18-Aug-2016

Kontingen Indonesia akhirnya meraih emas Olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil pada pertandingan final buluntangkis ganda campuran di Riocentro Pavilion 4, Rabu [17/8].

Pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir [Owi & Butet] layak disebut pahlawan setelah di babak final mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, dua set langsung [straight set], 21-14, 21-12. Persembahan emas dari Owi & Butet boleh dibilang hadiah istimewa untuk ulang tahun Indonesia ke 71 karena pertandingan mereka bertepatan dengan tanggal 17 Agustus.

Sebelum melangkah ke babak final dan akhirnya jadi juara, Owi dan Butet mengalahkan pasangan dari kontingen dari negara lain dua set langsung. Lawan-lawan mereka dari babak penyisihan hingga semifinal adalah: Robin Middleton/Leanne Choo [Australia], Bodin Issara/Savitree Amitrapai [Thailand], Chang PS/Goh Liu Ying [Malaysia], Praveen Jordan/Debby Susanto [Indonesia, dan Zhang Nan/Zhao Yunlei [China]

"Saya tidak bisa berkata-kata lagi. Yang pasti, medali ini kami persembahkan untuk ulang tahun kemerdekaan Indonesia,” kata Owi seusai pertandingan, seperti dikutiip Kompas [18/8].

Demikian pula Butet. Dia menyebut bahwa emas ini sebagai penebusan atas gagalnya Indonesia meraih emas Olimpiade London 2012.

Dengan berhasilnya Owi dan Butet meraih emas, berarti Indonesia sudah meraih 7 emas sepanjang Olimpiade sejak tahun 1952 dari cabang bulutangkis. [][teks @firza/kompas.com, berbagai sumber | foto nbcolympics.com, olympics.cbc.ca]