}
JGTC 39 Panggung Perdana Grace Sahertian
News

JGTC 39 Panggung Perdana Grace Sahertian

by Pandu
Tue, 29-Nov-2016

Selepas konferensi press di ruang kelas A112 Fakultas Ekonomi, Grace Sahertian naik ke stage untuk perform. Dia adalah solois wanita asal Maluku yang tahun ini baru merilis album secara independen. Judulnya Hela.

Berisi delapan trek yang ia kerjakan secara rembugan. Dan lalu menghasilkan album ‘campur sari’, karena tidak terpaut pada satu genre musik saja.

Dari delapan trek yang ia punya, penonton diberikan 3 lagu miliknya. Plus ia mengkover lagu Coldplay “Fix You” dan Alanis Morissette “Hand in My Pocket”. Grace membongkar dua lagu itu jadi sesuai dengan kemauannya. Agak kelam dan rumit dengan tambahan bunyi tabla. Tapi tetap seru.

JGTC 39 adalah panggung perdana Grace Sahertian sebagai solois. Beberapa tahun lalu ia pernah ikut, tapi dalam format band. Kepada penonton Ia mengenalkan lagu “Hela” yang dalam bahasa Yamdena, Maluku Tenggara berarti “tarik”.

“Bahasa ini sudah berumur 200 tahun. Saya coba mengapresiasinya dengan buat lagu. Supaya bahasa ini tidak hilang,” katanya di atas stage. Ketika presskon, Grace bilang jika ini adalah lagu tersulit untuk dibawakan secara live. Karena perlu tenaga untuk mengambil nada tinggi terus.

Trek terakhir di album debut, Sun Of Hope, juga tersirat bahasa Yamdena di dalamnya. Yang ia bawakan dan membuat penonton takjub. Kaget dengan nuansa musik yang dibuat seperti sedang di padang savana Afrika. [][teks & foto @HaabibOnta]